loading...

Wednesday, 26 September 2018

2 Alasan Kenapa Qulhu dinamakan Surat al-Ikhlas

Tags

2 Alasan Kenapa Qulhu dinamakan Surat al-Ikhlas- al-ikhlas adalah surat no 3 jika diurut dari belakang. Surat ini sering disebut surat qulhu oleh maysarakat awam di kalangan kita. Entah dari mana sumbernya. Sebab, sejauh ini penulis belum menemukan referensi valid terkait penamaan surat qulhu. Hemat penulis, mungkin karena lebih mudah diingat dan gampang di hati karena surat al-ikhlas berawalan qul huwallahu ahad.

2 Alasan Kenapa Qulhu dinamakan Surat al-Ikhlas



Namun, di sini penulis lebih mengerucut pada tema yang cukup spesifik dengan nama yang lebih masyhur di kalangan intelektual, yaitu surat al-ikhlas. Agar nama ini lebih dikenal masyarat awam, meskipun nama al-ikhlas sendiri merupakan nama terpopuler di kalangan umat Islam.


Dalam kitab tafsir al-Munir, Syekh Wahbah az-Zuhaili memaparkan, setidaknya ada dua alasan mengapa dinamakan surat al-Ikhlas. Pertama, karena surat al-ikhlas (bersih/murni) berbicara soal tauhid yang bersih (kholish/ikhlas) karena Allah SWT yang disucikan dari kekurangan dan kesyirikan. Kedua, karena dengan memahami surat al-ikhlas, seorang hamba telah membersihkan diri (takhallasho) dari kesyirikan.

Itulah 2 alasan yang dipaparkan para ulama tentang mengapa surat qulhu dinamakan surat al-ikhlas. Untuk lebih jelasnya, silakan rujuk kembali tafsir al-Munir karya Syekh Wahbah az-Zuhaili. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon