loading...

Monday, 13 August 2018

Sholat Taqwiyatul Hifdzi, Sholat Untuk Menguatkan Hafalan

Sholat Taqwiyatul Hifdzi, Sholat Untuk Menguatkan Hafalan - Dalam tulisan sebelumnya,  saya sempat membongkar sedikit rahasia para pengahafal Quran yang kini telah sukses di bidangnya. Dalam tulisan itu, kami menyinggung sebuah tema yang cukup menarik dan masih banyak yang awam dalam masalah ini, yaitu sholat Taqwiyatul hifdzi.  Sholat ini berawal dari problem yang dialami oleh sayyidina Ali bin Abi Thalib terkait hafalan quran yang sering hilang dan tidak melekat di dadanya. 

Dalam sebuah hadis yang rekam oleh ibnu Abbas bahwa pada suatu hari ketika beliau duduk-duduk bersama Rasulullah S.A.W, tiba-tiba datang sosok sahabat sayyidina Ali bin Tholib mengeluh dan mengadu pada Nabi bahwa hafalan quran yang selama ini dirawat kini telah hilang dan sulit melekat. Kemudian Rasulullah S.A.W berkata "wahai abal hasan, maukah kamu aku ajar kalimat-kalimat yang akan bermanfaat bagimu dan akan menjaga keutuhan hafalanmu sehingga tidak mudah hilang? Lalu Nabi berkata " jika malam jumat telah tiba maka bangunlah di pertiga malam, jika tidak mampu, bangunlah di pertengahan malam, atau apabila masih tidak mampu, bangunlah di awal malam, lalu dirikanlah sholat 4 rakaat. Pada rakaat pertama, setelah membaca al fatihah, bacalah surat  yasin. Pada rakaat kedua bacalah surat ad-dukhon (setelah baca fatiha) serta pada rakaat ke tiga baca surat as-sajadah dan pada rokaat terakhir baca surat al-mulk.  Lalu bacalah doa berikut ini:

Doa Sholat Taqwiyatul Hifdzi 

Sholat Taqwiyatul Hifdzi, Sholat Untuk Menguatkan Hafalan

Adapun mengenahi niat sholat sunnah taqwiyatul hifdzi ini Anda tidak perlu pusing dan tidak perlu bingung bagaimana niat nya, lafadz nya bagaimana.  Sebab, sejatinya niat itu ada di hati,  ketika hati kita sudah bermaksud melakukan sholat taqwiyatul hifdzi yang jumlahnya 4 rakaat lalu takbir maka itu sudah dianggap cukup. Jangan dibikin ruwet sendiri. Wallahu a’lam. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon