loading...

Monday, 24 September 2018

8 Tips Cara Maba (Mahasiswa Baru) Mendapat Nilai A+ dari Dosen dan IPK Tinggi

8 Tips Cara Maba (Mahasiswa Baru) Mendapat Nilai A+ dari Dosen dan IPK Tinggi - Menjadi Mahasiswa adalah sebuah kebanggan tersendiri bagi seseorang, entah apa alasannya. Yang jelas, dengan menjadi Mahasiwa berarti seseorang telah naik satu level dalam jajaran strata sosial yang pada akhirnya ia akan lebih terhormat dibanding mereka yang masih menjadi Siswa.

Ada banyak faktor seseorang memutuskan diri untuk terjun di dunia perkuliahan, dari yang hanya sekedar kuliah, mengisi kekosongan, sampai mereka yang ingin meniti karir, mengejar cita-cita dan menggapai impian. Faktor-faktor ini akan sedikit memberi gambaran tentang bagaimana sikap dan pola hidup mereka di dunia kampus ke depan.

Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? Begini Caranya!

8 Tips Cara Maba (Mahasiswa Baru) Mendapat Nilai A+ dari Dosen dan IPK Tinggi

Jika dari awal ia menanamkan semangat yang tinggi demi cita-cita dan impian, ia tidak akan berleha-leha di kampus, ia akan semangat belajar, meneliti dan diskusi sehingga ia mendapat nilai yang tinggi dengan kualitas yang bisa dipertanggung jawabkan. Berbeda dengan ia yang hanya sekedar mengisi kekosongan, ia akan lebih terkesan "pokok masuk" lalu pulang. Tidak pernah mempersiapkan diri untuk menhahadapi mata kuliah. Maka jangan heran, jika nilai dan ilmu yang diperoleh tidak sesuai dengan beban UKT yang harus ditanggung.

Berikut ini Kami bocorkan sedikit tips dan rahasia agar Anda sukses di dunia kampus dengan nilai A+ dan berujung IPK tinggi. Mau? Simak berikut ini:

1- Tata Niat

Dalam memulai apapun, niat adalah pondasinya. Niat yang salah akan menghasilkan kesalahan pula, begitu juga sebaliknya. Jika sekarang Anda Mahasiswa baru (Maba) maka sekarang adalah waktu yang paling tepat menanamkan niat yang baik, ingat tujuan Anda kuliah, sampai harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit bahkan harus meninggalkan keluarga. Kalau perlu, tulis kata "Ingat tujuan dari rumahmu" di seluruh buku mata kuliah Anda, agar Anda selalu ingat dan tidak lalai pada tujuan Awal.

2 - Perhatikan Silabus

Biasanya, setiap dosen akan memberikan silabus pada mahasiswanya sebagai acuan dalam mata kuliah pada minggu berikutnya. Nah, jangan sampai anda acuh tak acuh pada silabus itu, sebab itu akan sangat membantu Anda tentang tema apa yang dibahas pada minggu depan.

3 - Belajar Sebelum Masuk Kelas

Setelah Anda menerima silabus, maka jadikanlah ia sebagai bahan belajar. Belajar sebelum masuk kelas adalah modal Anda untuk aktif di kelas. Tanpa belajar sebelumnya, sangat sulit bagi Anda untuk aktif saat diskusi dengan dosen di ruang. Anda akak bingung, dan tidak mengerti peta materi yang pada ujungnya akan melahirkan kebosanan.

4- Kenali Karakter Dosen

Setiap dosen memiliki karakter yang berbeda. Ada dosen yang senang jika mahasiswa aktif dan kritis pada setiap materi yang disamapaikan. Namun, ada juga dosen yang merasa malu jika harus kalah argumen dengan Mahasiswanya. Sehingga tidak segan-segan memberikan nilan C jika selalu ngeyel dan kritis dalam kelas. Jika Anda telah mengenali karakter Dosen, maka Anda bisa menentukan sikap apa yang pas untuk dilakukan dalam kelas.

5 - Siapkan Pertanyaan yang Berbobot

Usahakan, sebelum masuk kelas, siapkan pertanyaan yang berbobot sebagai bahan diskusi nanti di kelas bersama dosen. Sebab, dengan sering bertanya, apalagi pertanyaan cukup rumit, itu akan memberikan poin bagus bagi Anda di mata Dosen.

6 - Sopan dalam Berdiskusi

Mahasiswa adalah murid sedangkan Dosen adalah guru. Dan seorang murid haruslah sopan pada guru. Meskipun semisal di kelas, dosennya menyampaikan materi tidak sesuai dengan apa yang telan Anda pelajari, Anda boleh menegor dan mengajak diskusi namum harus menggunakan bahasa yang sopan agar dosen tidak merasa dipermalukan di depan mahasiswa yang lain dan hal itu akan menjadi bumerang bagi Anda.

7 - Aktif Kuliah

Keaktifan akan memeberikam pengaruh yang cukup besar pada nilai Anda. Bahkan ada kampus yang menyaratkan 75% kehadiran Anda dalam satu semester. Se jago apapun Anda, namun kehadirannya tidak sampai pada batas minimal, itu tidak akan berguna, Anda tetap akan mengulang di semester berikutnya.

8 - Siapkan Tugas Sebaik Mungkin

Ketika dosen memberikan tugas, maka lakukan lah sebaik mungkin dan jangan menunda-nunda. Sebab, pekerjaan yang dilakukan dengan terburu-buru tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Kerjakan secepat mungkin agar Anda masih punya waktu untuk memeperbaiki kekurangan-kekurangan.

Demikian 8 Tips dapat nilai A+ dan IPK tinggi untuk Mahasiswa yang bisa Redaksi Najapedia share pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Load disqus comments

0 komentar