loading...

Thursday, 10 January 2019

Mau Mandi Taubat dari Zina? Baca Niat ini !

Mau Mandi Taubat dari Zina? Baca Niat ini ! "al-Insan Mahalull Khata' wa al-Nisyan", begitulah ungkapan yang sering terngiang-ngiang di telinga kita. Memang pada realitanya, manusia tidak akan pernah lepas dari kata dosa. Bahkan, dosa itu akan selalu menempel dalam diri manusia bak stempel selain para nabi yang memang maksum (dijaga) oleh Allah SAW.

Salah satu dosa terbesar dan memiliki anc4man yang luar bisa kelak di akhirat adalah dosa zina. Dosa ini berada peringkat ketiga terbesar setelah dosa syirik, dan membvnvh. Bahkan, dosa ini lebih besar daripada dosa minum khamr selagi kadarnya sama. Dalam arti, berzina satu kali lebih besar dosanya ketimbang membunvh satu kali. Berbeda, jika kadarnya terpaut. Semisal, pecandu khamr dibanding pelaku zina satu kali, jelas pecandu khamr lebih berat siksaannya.

Mau Mandi Taubat dari Zina? Baca Niat ini !


Namun terkadang, orang yang terjerumus dalam perzinahan mengalami kekhilafan dan mendapat hidayah dari Allah SWT. Lalu ingin benar-benar bertaubat dan mendekatkan diri kepada-Nya. Jika demikian, maka langkah pertama adalah menyesali perbuatan zina tersebut dan bertekad untuk tidak mengulanginya.

Setelah itu, lakukan mandi taubat dengan praktik yang sama dengan mandi besar. Hanya niat yang membedakannya. Menurut para ulama, mandi taubat berada pada level sunnah, tidak sampai bertaraf wajib. Namun, mandi ini merupaka prosesi menuju taubat nasuha yang dianjurkan para ulama. Adapun terkait niatnya, Anda tidak perlu bingung dan risau sehingga tidak jadi mandi hanya gara-gara tidak tahu niatnya.

Pada dasarnya, niat itu ada di hati. Bukan rangkaian kata yang diutarakan lewat lisan, seperti nawaitu dan lain sebagainya. Ia cukup dikuatkan dalam hati. Jadi jika hati Anda telah tergerak untuk melakukan mandi taubat dengan membutikannya secara langsung (mandi) maka itu sudah dianggap cukup. Sebab itulah esensi niat yang sering disalahpahami.

Namun, tidak ada salahnya jika niat yang tumbuh dalam hati itu ditampakkan melalui rangkaian kata yang diucapkan oleh lisan. Hal demikian itu dianjurkan dan bahkan bernilai sunnah. Sebab, dapat membatu hati dalam menggapai kemantapan ibadahnya. Adapun niatnya sebagai berikut:

نويت الغسل للتوبة عن الزنا لله تعالى

Nawaitul Ghusla Littaubati 'Anizzina Lillahi Ta'ala.

Artinya: "Saya niat mandi taubat dari zina karena Allah Ta'ala".

Itulah niat mandi taubat dari zina yang bisa anda baca saat mandi. Setelah itu usahakan sholat sunnah taubat sebagai bentuk proses menuju taubat nasuha. Silahkan share jika bermanfaat. Bila ada pertanyaan, tinggalkan di kolom komentar. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon