loading...

Wednesday, 2 May 2018

Mengapa Bulan Puasa Diberi Nama Bulan Ramadhan?

Mengapa Bulan Puasa Diberi Nama Bulan Ramadhan? - Beberapa hari lagi kita akan menyambut bulan paling mulia, bulan ramadhan.  Satu-satunya bulan yang dipuasi secara penuh.  Tidak ada bulan yang mana umat Islam diperintah puasa selama satu bulan penuh selain ramadhan. Dari sini sangat tampat keistimewaan bulan ramadhan dibanding bulan-bulan lain.  Tapi sekarang,  pernahkah Anda berfikir “kenapa bulan puasa ini diberi nama ramadhan?  Kok tidak yang lain”
Mengapa Bulan Puasa Diberi Nama Bulan Ramadhan?

Dalam kitab Hasyiah al-Jamal disebutkan rahasia kenapa bulan puasa disebut bulan Ramadhan,  lebih lanjut dalam kitab itu dijelaskan bahwa secara bahasa kata ramadhan diambil dari akar kata ramadh yang artinya sangat panas. Konon,  ketika masyarakat arab ingin memberi nama bulan ramadhan,  mereka mengaitkannya dengan kondisi cuaca pada waktu itu.  Ketepatan,  cuaca pada waktu itu sangat panas (ramadh dalam bahasa arab)  maka diberilah nama “bulan ramadhan”.  Begitulah apa yang dipaparkan oleh pengarang kitab hasyiah jamal itu.

Disamping itu,  ada sebuah keterangan bahwa kata “ramadh” yang berarti sangat panas sangat pas dengan kondisi perut ketika menjalani ibadah puasa. Sehingga disebutlah bulan ramadhan.  Memang dalam sebuah nama,  pasti tersimpan faktor yang melatarbelakangi kenapa nama itu beri.  Faktor-faktor itu bisa disebabkan kondisi cuaca atau yang lain. Wallahu A’lam.

Referensi: Hasyiah al-Jamal ala Syarhil Manhaj


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon