loading...

Saturday, 3 March 2018

Apa Makna dan Arti Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil?

Tags


Apa Makna dan Arti Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil?- Salah satu dzikir yang banyak dibanyak dibaca umat Islam adalah Hasbunallah Wanikmal Wakil. Dzikir ini meskipun tanpak pendek namun memiliki kandungan faidah yang dahsyat. Di dalam al-Quran, Allah pernah menyebutkan dzikir ini. Tepatnya dalam peristiwa perang uhud, ketika itu umat Islam di gembosi oleh orang-orang munafik bahwa ahli makkah telah telah berkumpul dan tanpak menjadi pasukan yang tak terkalahkan. Namun, umat Islam tidak gentar sedikitpun, lantas mereka mengucakpan “Hasbunallah Wanikmal wakil”.

Dalam al-Quran disebutkan:

( الَّذِينَ اسْتَجَابُوا لِلَّهِ وَالرَّسُولِ مِنْ بَعْدِ مَا أَصَابَهُمُ الْقَرْحُ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا مِنْهُمْ وَاتَّقَوْا أَجْرٌ عَظِيمٌ . الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ . فَانْقَلَبُوا بِنِعْمَةٍ مِنَ اللَّهِ وَفَضْلٍ لَمْ يَمْسَسْهُمْ سُوءٌ وَاتَّبَعُوا رِضْوَانَ اللَّهِ وَاللَّهُ ذُو فَضْلٍ عَظِيمٍ ) آل عمران/172-174.

172 (Yaitu) orang-orang yang mentaati perintah Allah dan Rasul-Nya sesudah mereka mendapat luka (dalam peperangan Uhud). Bagi orang-orang yang berbuat kebaikan diantara mereka dan yang bertakwa ada pahala yang besar
173 (Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung."
174 Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar) dari Allah, mereka tidak mendapat bencana apaapa, mereka mengikuti keridhaan Allah. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.
Apa Makna dan Arti Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil?

Kapan kita membaca “Hasbunallah Wanikmal Wakil?”

Pada dasarnya, tidak ada batasan waktu kapan kita harus membaca dzikir. Sebab, Allah I memrintahkan kita untuk memperbanyak dzikir dimanapu dan kapanpun. Asal bukan ditempat yang tidak layak seperti didalam WC. Namun, jika kita liat riwayat yang ada, dzikir ini biasa dibaca ketika kita tertimpa sesuatu yang mengancam, terdholimi dll. Seperti kisah para  sahabat uhud yang kami ceitakan di atas.

Arti Dzikir “hasbunallah wanikamal wakil”

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُArtinya: “Cukuplah Allah (sebagai penolong) bagi kami, dan Dia sebaik-baik pelindung”

Secara bahasa, dzikir “Hasbunallah Wanikmal Wakil” memiliki arti “Cukuplah Allah (sebagai penolong) bagi kami, dan Dia sebaik-baik pelindung”. Namun, dzikri ini memiliki arti yang sangat dalam. Ibnu asyur pernah mengurai makna kalimat ini dalam tafsir. Yang kesipmulannya “ bahwa Umat Islam mencukupkan Allah sebagai penolong, meskipun mereka dalam minoritas yang lemah”

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca tafsir ibnu Asyur surat Ali Imron ayat 174


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon