loading...

Sunday, 12 July 2015

Penting! Lafadz Doa Niat Puasa 6 Hari Bulan Syawal Setelah Lebaran Arab, Latin dan Terjemahan

Penting! Lafadz Doa Niat Puasa 6 Hari Bulan Syawal Setelah Lebaran Arab, Latin dan Terjemahan. Setelah kita bermujahadah melawan hawa nafsu dengan berpuasa di bulan ramadhan, kita disunnahkan untuk berpuasa selama 6 hari di bulan syawal. Tentu tidak dilaksanakan pas hari lebaran, tetapi masih menunggu satu hari. 

Puasa 6 hari di bulan syawal adalah salah satu puasa  sunnah yang di anjurkan oleh nabi muhammad SAW bagi umatnya, dengan jaminan pahala yang sangat besar, hal ini pernah di sabdakan oleh nabi sendiri yang berbunyi:

“من صام رمضان ثم أتبعه بست من شوال فكأنما صام الدهر كله “

Artinya “ barang siapa yang berpuasa di bulan ramadhan kemudian ia mengikutkannya dengan 6 hari dari bulan syawal maka ( pahalanya ) sama halnya seperti berpuasa selama satu tahun penuh “

hadis inilah yang kemudian menjadi dalil puasa 6 hari bulan syawal oleh umat Islam di seluruh dunia.
Penting! Lafadz Niat Puasa 6 Hari Bulan Syawal Setelah Lebaran Arab, Latin dan Terjemahan

Namun, apakah kita sudah tahu niat puasa 6 hari di bulan syawal ini?  Jika masih belum, silakan lanjutkan bacaan anda ini sampai tuntas. Dan apabila anda sudah tahu betul, makan silakan abaikan artikel ini. 

Pada dasarnya Niat puasa syawal yang dilakukan selama 6 hari sangatlah mudah bahkan mudah sekali khususnya bagi kita yang sudah pernah belajar ilmu agama. namun terkadang kita masih bingung dan hawatir keliru sehingga takut puasa syawal yang awalnya kita canangkan untuk meraup pahala malah berbuah sia-sia. Hal ini memang kita rasakan. Sebab, tanpa sebuah lafadz hati kita tidak tenang. Maka benarlah kata para ulama, melafadzkan niat meskipun bukan perkara wajib namun sangat membantu mendapatkan ketenangan hati. 

Kemudian selanjutnya kita tidak perlu pusing dengan niat, sebab hakikat dari niat itu sendiri adalah maksud atau ssebuah tujuan yang bersamaan dengan suatu pekerjaan , bukan lafadz atau ucapan, dan tempat niat itu di hati bukan di lidah,, ucapan niat dengan lidah hanyalah sebagai sarana untuk memantapkan hati pada suatu ibadah yang akan kita kerjakan.

Niat Puasa 6 Hari Bulan Syawal

Niat puasa sunnah , termasuk niat puasa syawal ( 6 hari ) yang sedang kita pelajari saat ini bisa kita lakukan di siang hari sebelum tergelincirnya matahari ( waktu dhuhur ) , sebab puasa ini berhukum sunnah, berbeda dengan niat puasa ramadhan yang harus di lakukan di malam hari ( dalam madzhab syafi’i ) , sebab ia adalah puasa fardhu ( wajib ), begitulah perbedaan puasa sunnah dan wajib


                           نويت صوم غد عن ستة من شوال سنة لله تعالى

Nawaitu shouma ghodin ‘an sittatin min syawwal sunnatan lillahi ta’ala

Artinya : saya berniat puasa sunnat 6 hari bulan syawal karean Allah Ta’ala 

Bagaimana mana menurut pembaca setia sekalian ? mari kita biasakan diri kita memanen pahala dengan berpuasa syawal dan memngamalkan artikel  “ bacaan niat puasa syawal 6 hari setelah hari raya “  ini, semoga bermanfaat



Load disqus comments

0 komentar