Sunday, 25 August 2019

3 Rahasia Lulus Tes Seleksi Universitas al-Azhar Kairo

Cara agar lulus tes seleksi universitas al-Azhar---Al-Azhar adalah salah satu universitas yang menjadi idola bagi semua umat Islam di dunia bahkan selain umat Islam. Banyak dari mereka yang punya angan-angan kuliah di sana termasuk saya dan temen-temen saya. Dari semua alumninya banyak yang menjadi panutan umat, baik di seluruh dunia seperti syaik Zakariya al-Ansori dan lebih banyak lagi yang lain, dan menjadi panutan di indonisa  seperti ustadz Abdus somad dan ustadz Zainuddin majdi atau lebih kenal dengan sebuta TGB.

Al-Azhar termasuk universitas yang sudah sangat lama dan terus eksis  hingga hari ini. Yang belajar di sana dari seluruh penjuru dunia bahkan juga dari indonesia. Al-Azhar pun juga menjadi pusat dari ilmu agama di dunia.

Untuk melanjutkan studi di sana tentunya harus lulus dulu tes di kemenag bagi selain yang ikut program tes biasiswa kesana dari berbagai tempat dan itu sangat mudah sebagaimana yang telah kami alami pribadi. Dan tentunya ada tes yang perlu di taklukkan  terlebih dahulu.

3 Rahasia Lulus Tes Seleksi Universitas al-Azhar Kairo

Adapun cara yang mudah untuk menaklukkan tes ke al-Azhar ada beberapa cara, antara lain sebagai berikut:

1. Harus di penuhi dengan percaya diri sebelum tes, sebab tes yang mudah jika tidak ada percaya diri maka akan berbalik menjadi sulit, kalaupun mudah dan dia bisa tapi akan gemeter dan akan mengurangi kepercayaan dari jurinya. Hal ini terbukti dari pengalaman teman saya, dia sangat pintar dan tergolong orang yang bisa tapi sayang kurang percaya diri maka hasilnya nihil dan dia di nyatakan tidak lulus.

2. Harus menyiapkan materi yang akan di teskan. Dalam tes ke al-Azhar tidak akan ada materi yang jelas dari kemenag, tapi biasanya materi tes itu tidak akan jauh dari materi tes pada tahun sebelumnya. Maka yang perlu di siapkan dengan matang dan benar adalah menyiapkan soal-soal pada tahun-tahun sebelumnya, dengan cara menanyakan pada mahasiswa yang sudah di sana atau anak yang pernah tes di tahun sebelumnya. Sebenarnya kesiapan diri dengan materi tes tidak harus menghafal materinya, tapi mengetahui karakter dari soalan tahun sebelumnya bahkan dengan cara membaca aja udah cukup, hanya saja ada sedikit dari soalan itu yang harus di hafal dengan mateng dan benar.

3. Ikut pembinaan bagi yang tidak pernah mengemban pendidikan diniyah atau pernah sekolah diniyah tapi belum bisa bahasa arab. Biasanya banyak dari berbagai trevel yang mengadakan bimbingan untuk calon mahasiswa, bagi yang betul-betul ingin ingin tes, bisa ikut dan mempelajari bahasa arab dan karakter soal di sana.

Oleh: Sholihin Amin (Penerima Beasiswa al-Azhar jalur PBNU 2019)  

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon