Wednesday, 14 August 2019

Cara Mengetahui Surat Makkiyah dan Madaniyah Memakai Teori Ulum al-Qur'an

Cara Mengetahui Makkiyah dan Madaniyah- ada dua metode pokok yang dijadikan para ulama untuk mengetahui Makkiyah dan Madaniyah. Pertama, Metode Sama'i al-Naqli. Kedua,  Metode Qiyasi Ijtihadi. Adapun pemerinciannya sebagai berikut:

Cara Mengetahui Makkiyah dan Madaniyah


Metode Sama'i al-Naqli 

Metode Sama'i al-Naqli adalah metode utama dan bahkan terbanyak dalam menginformasikan status Makkiyah dan Madaniyah. Rujukan metode ini adalah riwayat shahih dari para sahabat selaku orang yang menyaksikan sendiri proses turunnya Alquran dan para tabiin yang mengutip dari para sahabat. Bahkan metode ini lebih akurat ketimbang metode Qiyasi Ijtihadi. Sebab, metode ini mengacu pada informasi resmi dari para saksi sejarah. 
Metode Qiyasi Ijtihadi 

Metode Qiyasi adalah metode yang mengacu pada ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh masing-masing karakter; Makkiyah dan Madaniyah. Jika ayat itu berbicara tentang seruan pada pengEsaan, cerita para Nabi terdahulu dan segala apa yang yang menjadi ciri dari Makkiyah maka ayat tersebut diklaim sebagai ayat Makkiyah, meskipun tidak ada penjelasan langsung dari para Sahabat Nabi, selaku saksi sejarah. 

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon