loading...

Thursday, 7 June 2018

Perhatikan! Bacaan Surat Pendek Dalam Sholat Fardhu 5 Waktu

Perhatikan! Bacaan Surat Pendek Dalam Sholat Fardhu 5 Waktu - Dalam Islam, umat Islam diharuskan menjalankan kewajibannya dengan benar, sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Tidak boleh membuat-buat ajaran sendiri khususnya dalam bidang agama kecuali memang ada dalil yang memayungi. 

Termasuk dalam hal sholat. Agama Islam hanya mewajibkan membaca al fatihah dalam setiap kali pelaksanaan sholat 5 waktu. Dalam arti, Allah hanya mewajibkan satu surat yakni al fatihah dalam setiap rokaat. Tidak ada kewajiban membaca surat lain setelah membaca al fatihah. Konsep ini hanya berlaku dalam segi kecukupan. Maksudnya asal membaca fatihah, meskipun tanpa membaca surat lain, sholat kita tetap dianggap sah. 

Namun, tidak kah kita menginginkan ibadah sholat 5 waktu yanh kita lakukan bernilai sempurna disisi Allah?  Tentu jawabannya pasti. Namun tahukah anda surat apa yang enak di baca setelah membaca surat al fatihah dalam sholat? Jika belum tahu silakan lanjut membaca tulisan ini. 
Perhatikan! Bacaan Surat Pendek Dalam Sholat Fardhu 5 Waktu

Sebagaimana yang kami singgung di atas, tidak ada ketentuan khusus terkait surat apa yang dibaca setelah fatihan. Namun, kata para ulama, jika memang kita hendak melakukan sholat yang mana tidak ada anjuran surat apa yang kita baca, maka sebaiknya membaca surat al kafirun pada rokaat pertama dan membaca surat al ikhlash pada rokaat kedua. 

Kedua surat ini memang sangat dianjurkan dibaca. Namun bukan berarti kita tidak boleh membaca surat yang lain. Dan yang perlu di perhatikan dalam membaca surat pendek maupun panjang setelah al fatihah adalah urutan surat itu sendiri dalam al quran. 

Maksudnya, jika anda membaca surat at takatsur pada rokaat pertama, maka kurang baik jika anda membaca surat ad-dhuha pada rokaat kedua. Sebab posisi surat ad-dhuha terletak sebelum surat at takatsur. Tapi bacalah surat al ashr, atau al zalzalah, al fill atau surat pendek yang lain yang berada di setelah surat at takatsur. 

Selain itu, juga perhatikan kelengkapan surat yang dibaca. Artinya,  lebih baik baca surat pendek namun lengkap sampai akhir ayat dari baca membaca surat panjang semisal al baqarah namun cuman potongan beberapa ayat saja. 

Fakta semacam ini banyak ditemukan di tengah masyarakat kita. Ada sebagian oknum yang ingin tampil perfect di hadapan publik dengan membaca surat-surat panjang namun hanya sebatas potongan ayat. Padahal kalau ketemu dengan orang yang memang betul mengerti agama pasti akan ditertawai. Sebab pada prinsipnya, surat pendek yang dibaca lengkap itu lebih utama daripada surat panjang namun tidak lengkap. Wallahu a’lam. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon