Monday 21 January 2019

5 Pelajaran Hidup Paling Berharga dari Seekor Ayam

Tags


5 Pelajaran Hidup Paling Berharga dari Seekor Ayam- Ayam adalah jenis unggas yang biasa dipelihara oleh manusia untuk kepentingan hidup, mulai dari konsumsi sehari-hari hingga komoditas bisnis. Ayam juga termasuk hewan yang memasok dua sumber protein dalam pangan; telur dan daging. Namun, siapa sangka jika ayam juga memasok pesan hidup bagi manusia meskipun itu sering diabaikan dan kering dari penghayatan.

Dalam Islam, ayam memiliki peran penting dalam keberlangsungan suatu ibadah, khususnya ibadah shalat subuh. Banyak umat Islam menjadikan kokok ayam sebagai tanda subuh mulai menampakkan diri. Bahkan, dalam sebagian keterangan disebutkan bahwa ayam berkokok pertanda ia melihat malaikat turun ke bumi atas perintah Allah.
Imam al-Dawadi dalam Fath al-Bari berkata "Ada 5 pelajaran hidup yang dapat kita ambil dari seekor ayam".
5 Pelajaran Hidup Paling Berharga dari Seekor Ayam

Suara Merdu

Ayam dikenal sebagai sosok hewan yang memiliki suara indah nan merdu. Kokokan ayam terdengar indah dan medayu-dayu di saat fajar mulai tiba. Kokokannya mampu memberi ketentraman pada sanh pemilik. Keindahan kokokan itu, dapat kita tiru dalam melantunkan ayat-ayat suci Alquran agar Sang Pemilik bahagia dan mencurahkan rahmat-Nya.

Bangun Saat Sahur

Bangun saat sahur adalah sifat paling baik yang dimiliki ayam. Bahkan, sifat ini jarang dimiliki hewan lain. Ayam selalu bangun pada saat sahur tiba. Dengan suara yang merdu dan menggelegar, ia bangunkan manusia agar beribadah dan bertaqarrub pada Allah SWT.

Pecemburu

Cemburu bukan hanya dialami manusia, hewan pun juga mengalaminya termasuk ayam. Sempat beredar sebuah video lucu seekor ayam jantan mencemburui bocah laki-laki yang tengah memeluk betinanya. Video tersebut diunggah oleh Gretchen Brumley di akun Youtubenya. Ini menandakan bahwa ayam juga mengalami kecemburuan.

Dermawan

Kalau kita memberi makan gerombolan ayam, coba perhatikan reaksinya. Meskipun terkadang saling rebutan, mereka akan tampak harmonis dan terkesan dermawan antar satu sama lain. Terlebih pada anak sendiri. Ia rela tidak makan asal anaknya makan.

Rajin Berhubungan Intim

Ayam juga memiliki tingkat seksualitas yang cukup tinggi. Terlebih ayam jantan. Ia akan selalu mengejar ayam betina untuk memenuhi kebutuhan biolgisnya. Dan kita tahu, banyak literatur bertebaran yang mengatakan bahwa sering berhubungan inti dengan pasangan dapat menjaga kekebalan tubuh, mengurangi penuaan dini, mengurangi risiko kanker prostat dan lain-lain.
Dari sini, Imam al-Halimi memberi komentar "apa pun yang memberi pesan kebaikan tidak boleh dihina dan dicaci, tapi harus dimuliakan dan dirhormati, termasuk ayam"

Referensi: Ibnu Hajar al-'Asqalani, Fath al-Bari


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon