loading...

Wednesday, 13 June 2018

8 Cara Belajar Membaca al-Quran Sendiri (Otodidak) Untuk Pemula

8 Cara Belajar Membaca al Quran Sendiri (otodidak) Untuk Pemula- Membaca al-Quran merupakan sebuah keharusan bagi setiap umat Islam. Sebab, dengan membaca al-Quran berarti seorang muslim tengah berkomunikasi dengan Tuhannya. Dengan al Quran seorang hamba bisa dekat dengan Gustinya. Namun sayang, tidak semua umat Islam bisa membaca al Quran dengan baik, fashih dan benar sesuai tuntunan tajwid yang ada.

Sebenarnya, membaca al-Quran bukanlah hal sulit. Asal kita memiliki tekad dan keistiqomahan yang mapan, kita akan bisa mebaca al-quran dalam waktui singkat, lancar dan fashih. Dan itu pun bisa kita lakukan dengan otodidak alias belajar sendiri tanpa guru (semisal belajar dari video, mp 3 dll) meskipun yang ideal adalah belajar kepada Guru

Waktu yang sangat ideal untuk belajar al-Quran itu usia dini. Sebab, sebagaimana kata pepatah “ Belajar di waktu muda bak  mengukir di atas batu dan belajar waktu tua bak mengukir di atas air”. Tapi bagi anda yang sudah tua, jangan minder. Sebab, belajar quran tidak mengenal usia. Siapapun bisa. Bahkan toh kita hampir meninggal, selagi kita masih belum bisa membaca al quran, kita masih tetap diperintah untuk belajar.

8 Cara Belajar Membaca al Quran Sendiri (Otodidak) Untuk Pemula

Sekarang Anda tidak perlu khawatir. Kami akan sediakan beberapa Tips dan Cara membaca al Quran dengan baik, lancar, dan cepat (jika anda cepat menangkap keterangan) yang bisa anda terapkan dalam belajar membaca al Quran sendiri.

1. Carilah Guru Ngaji

Dalam mempercepat belajar anda , Ustadz atau ustadzah memiliki peran yang sangat penting. Di samping itu, mereka akan mengoreksi bacaan yang keliru dan mencontohkan bacaan yang baik dan benar.  Jika, di Masjid atau Musholla dekat rumah anda ada seorang guru yang bisa mengjari anda membaca al quran, maka datangilah dia, jangan sampai ada perasaan malu.

2. Belajar lewat Video atau Mp3

Jika anda kesulitan mencari guru ngaji, maka solusi yang pas adalah belajar lewat  video atau mp3 (meskipun ini bukan cara ideal). Sekarang, di google atau pun youtube banya menyediakan video cara belajar membaca al-Quran. anda bisa mengunduhnya. Tapi yang perlu diingat adalah carilah sumber yang terpercaya. Jangan asalh download.

3. Belajar Ilmu Tajwid.

Di samping itu, anda juga perlu belajar ilmu tajwid. Saya sarankan anda membeli buku “ mabadi’ “ karya Kh. Bashori Alwi, singosari, Malang. Buku ini adalah tentang ilmu tajwid. Ilmu cara membaca al-Quran. isinya lengkap dan alhmandulillah berbahasa Indonesia.

4. Memulai Dari Surat Pendek

Mulailah belajar membaca Al-Qur’an dari surat-surat pendek ( juz 30). Tapi sebelum itu, belajarlah membaca al-Fatihah dengan baik dan benar. Baru setelah itu beranjak ke surat pendek yang kami maksud.

5. Membaca dengan suara yang keras dan tartil

Bacaan yang keras dan tartil akan lebih membuat Anda fokus terhadap bacaan yang sedang Anda baca. Serta mentahqiqkannya.

6. Mengulang di Waktu Kosong

Pintar-pintarlah anda memanfaatkan waktu.  Mengulang-ulang bacaan disela-sela waktu luang. Ini akan lebih meningkatkan kemampuan membaca Anda.

7. latihan huruf-perhuruf

Maksudnya, agar bacaan anda fashih, maka fashihkan terlebih dahulu huruf per huruf dalam al-Quran, mulai dari alif sampai ya’. Jadi  tugas anda adalah membaca dan mempraktikkan satu huruf terlebih dahulu hingga. Untuk panduan yang bagus, anda bisa buka buku “mabadi’ yang saya sebutkan di atas.

8. Mengaji Satu Hari Satu Lembar

Cara kedelapan ini akan membantu anda bisa membaca al-quran dengan lancer. Semakin sering anda membaca maka anda akan semakin lancer.
Semoga bermanfaat!



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon