Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Tata Cara + Niat Shalat Qahsar Lengkap

Tata Cara + Niat Shalat Qahsar / Qoshor -Shalat qhasar merupakan sholat yang hanya di lakukan oleh para musafir yang melakukan perjalanan yang di perbolehkan untuk mengqhasar sholat .sholat ini merupakan rukhshoh atau kemurahan dari Allah dan biasanya di dalam kitab kitab fikih selalu di bahas bersamaan dengan sholat jama’.

Sesuai dengan namanya qhasr (pendek/ringkas), Shalat qhasar berarti memendekkan / meringkas shalat yang asalnya 4 rokaat menjadi 2 rokaat, contohnya melakukan sholat dhuhur yang jumlahnya 4 rokat dengan 2 rokaat. Namun ketentuan shalat ini hanya berlaku pada sholat – sholat yang memiliki jumlah rokaat 4. Bukan 3 atupun 2. Oleh karena itu sholat maghrib dan subuh tidak bisa qhosor.

Shalat qhasar ini bersifat boleh dengan artian lebih utama menyempurnakan dari pada mengqoshor sholat, begitulah kiranya keterangan dalam kitab fathul qorib, namun apabila perjalanannya mencapai 3 marhalah maka lebih utama mengqhosor dari pada menyempurnakan sholat dengan landasan ittiba’ dan keluar dari khilaf nya imam abu hanifah yang berpendapat bahwa mengqhosor sholat hukumnya wajib.
                                      
Tata Cara + Niat Shalat Qahsar

Syarat-syarat Shalat Qashar


Dalam melaksanakan shalat qashar haruslah memenuhi syarat syarat yang telah di tetapkan. Jika ada satu syarat saja yang tidak di penuhi maka seorang musafir tidak di perbolehkan melakukan qoshor sholat. nah, bagi teman yang belum tahu ketentuan dan syarat-syaratnya akan sebutkan secara princi,Berikut syarat syaratnya:

1-perjalanan yang di tempuh bukan dalam rangka melakukan maksiat
2-panjang perjalanan mencapai 16 farsakh
3-orang yang mengqoshor sholat bersetatus sebagai orang yang melakukan sholat ada’ ( tepat waktunya alias bukan melakukan sholat yang telah di tinggalkan )
4-berniat untuk mengqhosor sholat bersamaan dengan takbirotul ihram
5-tidak bermakmum kepada orang yang tidak mengqoshor sholat

Niat shalat qashar


Sebenarnya niat mengqhosor sholat tidaklah sulit alias gampang, namun masih banyak juga orang orang yang belum mengetahuinya. Untuk itu simak contoh niat sholat qoshor berikut ini:

                                            اصلي فرض الظهر ركعتين مأموما / اماما قصرا لله تعالى     

'' usholli fardho dhuhri rok'ataini makmuman ( jika jadi makmum ) imaman ( jika jadi imam ) qoshron lillahi ta'ala "

Nah itu contoh niat shalat qashar sholat dhuhur, untuk niat sholat yang lain tinggal rubah jenis sholatnya saja. itu saja, mudahkan?

Demikianlah artikel tentang Tata Cara + Niat Shalat Qahsar  yang bisa di share pada kesempatan kali ini, semoga, meskipun sedikit bisa memberi manfaat kepada kita semua amin ya robbal alamin.



Tag : Fikih, Sholat
0 Komentar untuk "Tata Cara + Niat Shalat Qahsar Lengkap"

Back To Top