Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

Mau Tahu Hal2 Yang Membatalkan Puasa ? Baca Ini!

Mau Tahu Hal2 Yang Membatalkan Puasa ? Baca Ini!- Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari pengertian puasa secara syariat,yang  intinya adalah menahan diri dari sesuatu yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar shodiq sampai tenggelamnya matahari seperti makan, minum danl lain sebagainya. Namun di samping itu kita juga di anjurkan untuk menjaga dari hal yang dapat membatalkan pahala puasa, seperti dusta,  mengadu domba dan lain sebagainya. Rosulullah SAW bersabda

كم من صائم  ليس له من صيامه الا الجوع والعطش                                  
Artinya: Betapa banyak orang yang berpuasa tidak mendapatkan sesuatu dari puasanya kecuali rasa lapar dan haus  ( yang ia dapatkan )

Hadis di atas memberi menggambarkan orang yang berpuasa yang batal pahalanya karena beberapa sebab seperti ghibah, dusta dan lain-lain, namun tidak batal puasanya sebab ia tidak melakukan sesuatu yang membatalkan puasa ,seperti makan, bersetubuh di siang hari bulan ramadhan dll.

kini kitah memasuki bula ramadhan, di mana kita di anjurkan untu berpuasa selama 1 bulan.oleh karena itu perlu kiranya kami ingatkan kepada para pemabaca sekalian tentang hal2 yang membatalkan puasa di bulan ramadhan ini di samping  sebagai catatan online kami.

Berikut ini adalah hal hal yang membatalkan puasa telah di abadikan di dalam kitab hasyiyah as syarqowi yang merupakan syarah dari kitab tahrir karya syekh zakaria al anshori, demi menyingkat waktu dan tidak terlalu penjang marilah kita simak berikut ini:

hal hal yang membatalkan puasa kita

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa

1-Masuknya benda (‘ain ) ke dalam perut melalui lubang yang tembus seperti mulut,telinga dll
2-istiqoah ( sengaja muntah ) sekalipun ia yakin bahwa tidak akan ada sisa muntahan yang masuk ke perut meskipun sedikit.
3-keluar mani sebab bersentuhan kulit ( tidak termasuk keluar mani sebab tidur, melihat dan menghayal )
4-wathi’ farji ( qubul (alat kelamin )atau dubur (anus )). Wathi’ tersendiri secara bahasa berari menginjak sedangkan secara istilah berarti bersetubuh


Demikianlah artikel tentang hal hal yang membatalkan puasa kita yang bisa kami tuangkan dalam tulisan singkat ini, semoga dengan artikel ini kita bisa lebih berhati-hati dalam menjaga puasa kita , amin ya robbal alamin.
Tag : Fikih, Puasa
0 Komentar untuk "Mau Tahu Hal2 Yang Membatalkan Puasa ? Baca Ini!"

Back To Top