Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Cara Sholat Tahajud Bagi Pemula

cara sholat tahajud bagi pemula


Di antara sholat-sholat yang di sunnah kan bagi umat islam adalah shalat tahajud, yaitu apabila di kerjakan maka akan di beri pahala, namun apabila di tinggalkan tidak berdosa, Shalat tahajud adalah sholat malam yang di lakukan setelah bangun tidur,sholat tahajud hukumnya sunnah , sebab banyak hadis yang menganjurkan kita agar selalu mendirikan sholat malam ( termasuk tahajud ) sebagaimana hadis yang di riwayatkan oleh imam thabrani :

Hendaklah mendirikan sholat malam, sekalipun hanya seperti perahan susu kambing ( kejakanlah shalat malam walaupun sedikit ) 

Hadis lain di riwayatkan oleh imam muslim,

cara sholat tahajud bagi pemula
bahwa Rosulullah SAW bersbada; " Paling utamanya sholat setelah sholat fardhu adalah sholat malam" 

 Cara mengerjakan sholat tahajud


Sebagaimana penjelasan hadis di atas ,kita di anjurkan untuk mengerjakan shlolat malam, termasuk shalat tahajjud. Namun, apakah anda sudah tahu cara mengerjakan sholat tahajud.?
Di sini kami akan menjelaskan secara skmple tentang tata cara sholat tahajud yang baik dan benar.

Pada dasarnya , cara mengerjakan sholat tahajud sama dengan shalah sunnah lainnya, namun yang membedakan adalah waktu pelaksanaannya, sholat tahajud harus di lakukan setelah bangun tidur di malam dan waktunya setelah sholat isya' sampai keluarnya fajar shodiq. Jumlah rokaat sholat tahajud ninimal 2 roka'at dengan satu kali salama,sedangkan batas maksimal jumlah roka'at sholat tahajud tidak terbatas.

Langkah pertama adalah niat untuk sholat tahajud, berikut niatnya;

                                            اصلي سنة التهجد ركعتين لله تعالى
Usholli sunnatat tahajjudi rok'ataini lillahi ta'ala.

 Artinya; saya niat sholat tahajud 2 rokaat karena Allah SWT.

Setelah itu, lakukanlah sholat seperti biasanya , dalam roka'at pertama membaca surat al fatihah dan al kafirun ( bukan kewajiban, kita boleh baca surat lainnya, yang penting harus ada bacaan al fatihah pada tiap roka'at, sebab termasuk rukun ) sedangkan roka'at kedua membaca surat al fatihah dan surat al ikhlas.

Baca juga; Doa sholat tahajud lengkap

Setelah salam lanjutkanlah dengan pembacaan doa tahajud yang ada di postingan kami yang lain, demikianlah artikel tentang cara sholat tahajud bagi pemula yang bisa kami tuangkan lewat tulisan ini, semoga bermanfaat.!!!
Tag : Fikih, Sholat
0 Komentar untuk "Cara Sholat Tahajud Bagi Pemula"

Back To Top