Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

Hukum Dan Keutamaan Puasa Rajab Tanggal 27

Hukum Dan Keutamaan Puasa  Rajab Tanggal 27


Bulan rajab adalah adalah salah satu bulan dari 4 bulan haram ( muharram, dzul qo’dah, dzul hijjah dan rajab ) yaitu sebuah bulan dima orang orang islam d haramkan untuk memulai peperngan di dalamnya, bulan ini memliki banyak keutamaan dan keistimewaan yang tdak di miliki oleh bulan bulan lan, namun bukan berarti bulan yang lan tidak memiliki keutamaan, hanya saja karena sekarang kita berada di bulan rajabkami akan focus pada pembahasan keutamaan dan keistimewaan puasa rajab, khususnya tanggal 27.

Bulan rajab adalah bulan ke 7 dari deretan bulan bulan hijriyah, bulan ini adalah bulan yang penuh hikmah ,dimana orang orang muslimber lomba lomb untuk mendapatkan segunung pahal yang bisa d panen pada bulan rajab ini, orang orang islam mengisi hari hari bulan rajab dengan puasa.

hukum dan keutamaan puasa  rajab tanggal 27


Hukum puasa rajab


Pada dasarnya hukum puasa rajab adalah sunnah, yaitu apabila di kerjakan dapat pahala dan apabila di tnggalkan tidak apa apa., namun meskpun sunnah, puasa rajab adalah puasa yang sangat di tunggu tunggu oleh umat islam di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia sendiri..

Baca juga; keutamaan dan pahala puasa di bulan rajab

Keutamaan dan keistimewaan puasa 27 rajab


1-· Diriwayatkan bahwa apabila Rasulullah shalallahu ‘alahi wassalam memasuki bulan Rajab beliau berdo’a:“Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) dan (juga) Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik)

2- “Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut”.

3-Riwayat (secara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi Muhammad Saw bersabda: “Rajab itu bulannya Allah, Sya’ban bulanku, dan Ramadan bulannya umatku.”

4-Sabda Rasulullah SAW lagi : “Pada malam mi’raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril a.s.: “Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini ?”Maka berkata Jibrilb a.s.: “Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bulan Rajab ini”.

 5-Sementara yang lainnya, hadist yang telah diriwayatkan oleh Abu Hurairah mengatakan, “barang siapa yang berpuasa pada tanggal 27 Rajab, maka Allah SWT akan mencatatnya sebagaimana orang yang berpuasa selama 60 bulan.” Walaupun hukumnya sunnah, tetapi puasa di bulan Rajab tersebut banyak sekali pahalanya. Untuk itu, janganlah kesempatan yang baik ini, Anda sia-siakan begitu saja.


Demikianlah artikel tentang keu hukum dan keutamaan puasa rajab tanggal 27, semoga bermanfaat bagi kita semua.amin!
Tag : Fikih, Puasa
0 Komentar untuk "Hukum Dan Keutamaan Puasa Rajab Tanggal 27"

Back To Top