Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

3 Surat Pendek Yang Mudah & Harus Di Hafal Anak

3 Surat Pendek Yang Mudah Di Hafal Anak- sejatinya, ada banyak surat-surat pendek dalam al-Quran, dan itu rata-rata terangkum dalam Juz 30 atau yang lebih dikenal dengan Juz Amma. Namun, ada beberapa surat yang memiliki kelebihan, suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh surat lain. Saya contohkan disini adalah surat al-Fatihah. Surat al fatihah ini merupakan inti sari al-Quran. Bahkan dalam suatu keterangan inti sari dari seluruh al-Quran itu berada dalam surat al-Fatihah. Oleh karena itu, tidak heran jika suratal-fatihah sebut sebagai ummul quran.

Disamping itu, al-fatihah merupakan surat yang sangat penting sehingga ia harus dibaca di setiap rakaat sholat. Sehingga dianggap tidak sah sholat seseorang yang tidak membaca fatihah. Penting sekali bukan?!

Selain surat al-Fatihah, ada beberapa surat yang memiliki kelebihan yaitu surat al-ikhlas ( surat ini sering di sebut surat kulhu. Istilah ini keliru. Jangan dibiasakan ) dan surat al-Kafirun. Kedua surat ini di kenal dengan julukan Muawwidatain . julukan ini bisa kita temukan di dalam kitab-kitab fikih. Khususnya ketika berbicara sholat sunnah.
3 Surat Pendek Yang Mudah Di Hafal Anak

Kelebihan yang saya maksud disini adalah kelebihan “ kedua surat ini sangat di anjurkan di baca di setiap sholat yang memang tidak memiliki aturan untuk membaca surat-surat tertentu “ jadi, kedua surat ini menjadi semacam surat cadangan ketika tidak ada surat yang wurud untuk di baca dalam sholat-sholat tertentu.

Lebih dari itu, kedua surat ini memang sangat dianjurkan untuk di baca setiap sholat sunnah, semisal sholat istikharah, sholat dhuha ( menurut sebagian pendapat ) dll. Oleh karena itu, surat-surat ini harus di hafalkan sejak dini oleh anak-anak kita. Khusunya surat al-Fatihah.  Berikut kami tampilkan ketiga surat tersebut:

سورة الفاتحة

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (1) الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (2) الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (3) مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (4) إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (5) اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (6) صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ (7)
سورة الكافرون
بسم الله الرحمن الرحيم
قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ (1) لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ (2) وَلَا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ (3) وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ (4) وَلَا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ (5) لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ (6)

سورة الإخلاص
بسم الله الرحمن الرحيم
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (1) اللَّهُ الصَّمَدُ (2) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (3) وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (4)

Demikianlah surat-surat pendek dalam al quran yang bisa kami share pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat!

Nb: Surat ini sangat penting dihafalkan oleh anak-anak dan cara menghafalkannya pun mudah!
0 Komentar untuk "3 Surat Pendek Yang Mudah & Harus Di Hafal Anak"

Back To Top