Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

Rumus Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar ( Qodar )

Rumus Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar ( Qodar )


Di dalam bulan ramadhan terdapat satu malam yang sangat familiar dengan keagungan dan kemuliaannya, sebuah malam yang sangat di dambakan oleh setiap umat islam, sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan sebuah malam yang memiliki nama ‘” malam lailatul qadar “. Malam yang satu memiliki keagungan yang sangat luar biasa, sehingga tidak heran jika momen malam ini di abadikan di dalam kitab suci al quran.

Setiap umat islam bisa di pastika memiliki keingingan untuk mendapatkan malam lailatul qadar dalam keadaan suci, merendahkan diri kepada, duduk bersimpuh di hadapan-NYA memohon ampun serta mengharap ridho-NYA, namun tidak bisa di pastikan setiap umat islam tahu cara mendapatkan malam lailatul qadar ini,  sebab tidak ada yang tahu pasti kapan malam lalilatu qadar kecuali Allah SWT. Hanya saja ada cara dan tanda datangnya malam laelatul qodar. Menurut imam syafi’i malam lailatul qadar teringkas di dalam sepuluh terakhir bulan ramadhan, dari kesepuluh malam tersebut yang kemungkinan besar terjadi adalah malam-malam ganjil, namun tidak menutup kemungkinan malam lailtul qodar terjadi pada malam genap, sedangakn dari semua malam ganjil yang kemungkinan besar terjadi adalah malam 21 atau 23 ramadhan. Namun bukan berarti malam laelilatu qadar tidak terjadi pada selain malam-malam tersebut. Sebab yang tahu pasti adalah Allah SWT.

Rumus Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar ( Qodar )

Para ulama salaf seperti imam ghazali tahu cara mendapatkan malam lailatul qadar dengan menilik pada kebiasaanya semenjak kecil, sebab sejak beliau masih kecil,beliau sudah sering mendapatkan malam lailatu qadar dan beliau menandai dari kebisaan tersebut, sehingga beliau memberikan sebuah kaidah untuk mendapatkan malam tersebut sebagaimana yang akan saya sebutkan di bawah ini. InsyaAllah dengan mengikuti kaidah para ulama salaf kita bisa meniru beliau tentang cara bagaiamana agar mendapatkan malam lailatul qadar.

Rumus cara mendapatkan malam lailatu qadar ini telah di uji coba oleh ulama-ulama salaf dan terbukti ampun dan kita dapa menemukan rumus atau kaidah ini di dalam kitab-kitab beliu seperti di kitab ihya’ ululmuddi atau kitab hasyiah sulaiman al-kurdi.  Dan dari keterangan kitab tersebut mengacu pada jatuhnya malam pertama bulan Ramadan , berikut perinciannya:

1. Apabila hari pertama bulan ramdhan jatuh pada hari Ahad / rabu maka Lailatul Qadar insyaAllah akan jatuh pada malam tanggal 29 Ramadhan

2. Apabila hari pertama bulan ramadhan jatuh pada hari Senin maka malam Lailatul Qadar insyaAlah akan  jatuh pada malam 21 Ramadan

3.Apabia  hari  pertama jatuh pada hari Kamis maka insyaAllah malam Lailatul Qadar akan jatuh pada malam 25 Ramadan

4.Apabila  hari pertama jatuh pada hari Sabtu maka insyaAllah malam Lailatul Qadar akan jatuh pada malam 23 Ramadan

5.Apabila  hari pertama jatuh pada hari Selasa atau Jum'at maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 27 Ramadan.

jika kita mengikuti pendapat ini kita bisa meraba bahwa malam lalilatul qadar tahun ini terjadi pada malam 25 ramadhan, sebab awal bulan ramadhan jatuh pada hari kamis.
Demikianlah artikel tentang rumus cara mendapatkan malam lailaltul qadar di bulan ramadhan yang bisa di share pada kesempatan kali ini, semoga kita semua bisa mendapatkan malam lailatuul qadar di bulan ramadhan tahun 1436 H ini, amin ya robbal alamin.


Tag : Hikmah
1 Komentar untuk "Rumus Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar ( Qodar )"

Back To Top