Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Bengkel Hati-Cara Agar Hati Tidak Mati

 Bengkel Hati-Cara Agar Hati Tidak Mati


Di dalam diri setiap manusia terdapat segumpal daging , bila gumpalan tersebut baik maka baik pula anggota tubuh yang lain, namun apabila gumpalan tersebut jelek , maka jelek pula seluruh anggota tubuh yang lain, ketahuilah bahwa gumpalan daging tersebut adalah hati, demikianlah penjelasan Rosulullah lewat hadist nya, sebagaimana yang di kutip di dalam kitab hadis arbain an nawawi.

Dari penjelasan di atas mengindikasikan betapa pentingnya peranan hati bagi organ tubuh ( jasad ) kita, dalam sebuah keterangan hubungan hati dengan organ tubuh lainnya layaknya raja yang berada di singgasana yang di kelilingi oleh para punggawanya, dimana semua anggota pungggawa bergerak atas titah sang raja, begitu juga hati dan anggota tubuh yang lain, anggota tubuh yang lain akan bergerak sesuai mandat dari hati. Lebih simplenya kita katakan bahwa hati adalah pengendali alias komando bagi anggota tubuh.

Melihat betapa pentingnya peranan hati bagi anggota tubuh membuat saya berfikir bagimana jika hati kita mati?apakah ada bengkel hati ? Bagimana ia akan memimpin anggota tubuh jika ia sendiri sudah mati ?  nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas dan menuangkan sedikit pengetahuan saya tentang bagaimana cara agar hati kita tidak mati alias tetap hidup ( Bengkel Hati ) ?  Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan berikut ini:
bengkel hati, hati mati, cara agar hati tidaak mati

Bengkel Hati


1-Berdzikir

Hati juga memerlukan asupan makanan bergizi agar tetap hidup sehat dan bisa menjadi pemimpin sejati bagi anggota tubuh, sedangkan dzikir adalah salah satu makanan pokok bagi hati dan ruh, oleh karena itu rawatlah hati kita dengan selalu membaca dzikir sebanyak mungkin , begitulah keterangan yang di sampaikan oleh imam syamsuddin ibun qoyyim.

2-membaca kitab suci al qur’an

Jika dzikir adalah makanan pokok bagi hati dan ruh maka al qur’an adalah obat bagi hati ketika ia gundah, sebagimana firman Allah SWT di dalam surat yunus “  Hai manusia. Sesungguhnya telah datang kepada mu pelajaran dari tuhan mu dan penyembuh bagi penyakit yang berada di dalam dada dan petunujk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.

3-membaca sholawat kepada nabi

Sholawat adalah penenang hati hati serta termasuk kebaikan yang memiliki pahala yang sangat besar, di dalam al quran di jelaskan bahwa Allah SWT dan malaikatnya besholawat kepada nabi, dan Allah memerintakan orang-orang yang beriman bersholawatlah kepada nabi  SAW.

4-Beribadah di malam hari

Malam hari adalah waktu yang sangat pas untuk mencurahkan isi hati kita kepada Allah SWT, di dalam kitab taklimul muta’allim di jelaskan bahwa jika kamu ingin mendapat apa yang kamu inginkan maka jadikanlah sebagai tunggangannya, abu sulaiman pernah memberi komentar tentang malam “ malam hari bagi orang-orang yang suka beribadah didalamnya itu akan lebih terasa nikmat  dari pada permainan bagi mereka yang suka hidup nyantai-nyatai, andaikan tidak ada malam, aku tidak akan suka hidup di dunia ini.

Demikanlah artikel tentang  Bengkel Hati-cara agar hati kita tidak mati yang bisa di share pada kesempatan kali ini, semoga dengan artikel ini kita dapat terbantu di dalam merawat hati, amin ya robbal alamin


Tag : Wisata Hati
0 Komentar untuk " Bengkel Hati-Cara Agar Hati Tidak Mati"

Back To Top