Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

Pengertian etika/akhlak dalam kaca mata islam

Pengertian etika/akhlak dalam kaca mata islam


Akhlak dan etika adalah 2 kata yang. memiliki arti dan pengertian yang sama, namun penggunaan kata akhlaq lebih banyak di pakai dalam islam, sedangkan kata " etika " di gunakan untuk umum. Namu kedua kata ini tetap sama. Akhlak ( dari bahasa arab ) atau etika ( berasala dari bahasa latin " ethicos ) adalah ilmu yang membahas tentang tingkah laku seseorang , baik itu akhlak (etika ) baik atau jelek.

Pembagian etika/akhlak


akhlak baik di sebut hasanul khuluq dan akhlak jelek di sebut sayyi'ul khuluq.  etika adalah sebuah ciptaan Allah SAW bersiat batiniyah, seseorang di anggap baik atau jelek bisa kita lihat dari akhlaknya, sebab menurut imam al ghazali akhlak atau etika merupakan sebuah wajah atau cermin bagi hati.

Akhlak yang baik adalah sebuah etika yang mampu meletakkan emosi, kejernihan fikiran , angan-angan dan shahwat secara profesional pada jiwa manusia, di samping itu dia mampu meletakkannya secara adil, tidak melampaui batas. Sedangkan akhlak jelek adalah sebaliknya.
etika harus kita tanamkan sejak kecil, sebab seseorang yang telah di tanami dengan perangai-perangai terpuji akan bahagia kelak di masa depan, begitu juga sebaliknya, jika kita tidak terbiasa dengan perangai tersebut dan terbiasa dengan perbuatan-perbuatan jelek maka itu adalah tanda-tanda jelek di masa depan.
Pengertian etika/akhlak dalam kaca mata islam

 Allah SWT telah menciptakan sosok yang bisa kita jadikan tauladan yang baik yaitu nabi muhammad SAW, seperti firman Allah SWT yang berbunyi ;

 لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُـوْلِ اللَّهِ أسْـوَةٌ حَسَـنَةٌلِمَنْ كَانَ يَرْجُوْااللَّهَ وَاليَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَاللَّهَ كَثِيْرًا "

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu uswah hasanah (suri tauladan yang baik) bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (Rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Q.S Al-Ahzab : 21) Dari ayat di atas Allah SWT secara tegas menjadikan Rosululloh SAW sebagai panutan bagi umat manusia agar menjadi hidup yang lebih baik dan ber etika ata ber akhlak,.

Baca juga; Hadist keutamaan nikah (pernikahan)

Rosulullah SAW barsabda

; اِنَّمَابُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الْاَخْلاَقِ “

Sesungguhnya aku diutus (Allah) untuk menyempurnakan Akhlak.” Akhlak Rosullah SAW begitu mulia dan terpuji sehingga beliau di utus untuk menyempurnakan akhlak atau etika. Akhlak Rosullulloh Adalah Al quran, begitulah apa yang telah di sampaikan oleh sayyidah aisyah, istri nabi muhammad SAW. beliau berperangai , bersikap dan berprilaku dengan Al quran.

Di samping itu etika atau akhlak yang mulia adalah timbangan amal yang paling berak nanti di akhirat, sebagaimana sabda nabi SAW.
 مَامِنْ شَيْئٍ فِالْمِيْزَانِ اَثْقَلُ مِنْ حُسْنِ الْخُلُقِ “

Tidak ada sesuatu yang lebih berat timbangannya (kelak diakherat) dari pada akhlak atau etika yang mulia.” Demikianlah artikel tentang Pengertian etika/akhlak dalam kaca mata islam yang bisa kami tulis pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.!!
Tag : etika
0 Komentar untuk "Pengertian etika/akhlak dalam kaca mata islam"

Back To Top