Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Bacaan doa dan cara sujud syukur

cara dan bacaan doa sujud syukur


Dalam teori ilmu fikih tidak ada sujud yang di lakukan di luar sholat kecuali 2 yaitu sujud syukur dan sujud tilawah, sedangkan sujud lain yang di lakukan di lakukan di luar sholat hukumnya tidak sah. Lihat kitab hasyiah asy syarqowi syarah dari kitab tuhfatut thullab.

Sujud syukur adalah sebuah sujud untuk mengungkapkan rasa syukur atau beterima kasih kepada Allah SWT karena telah di anugrahi nikmat. Namun nikmat disini bukan nikmat yang kita dapatkan sehari hari seperti nikmah iman, nikmat islam, nikmat sehat dan lain sebagainya, namun nikmat yang yang jarang terjadi atau lebih gampang nya ketibaan nikmat contohnya seperti dapat rezki nomplok, dpat hadiah umrah atau haji atau yang lainnya. Intinya nimat tersebut bukan nimat harian seperti contoh di atas.

Bacaan doa dan cara sujud syukur
Di samping itu syujud syukur juga di sunnah kan ketika kita melihat musibah yang menimpa orang lain seperti tertimpa bencana atau lainnya dan juga ketika melihat seseorang melakukan maksiat, sujud sykur ini di sunnah kan sebagai bentuk rasa syukur karena kita di beri cobaan seperti mereka ( tertimpa bencana, melakukan maksiat dll ) namun tidak di kerjakan di hadapan orang yang sedang tertimpa musibah tersebut ( karena akan menyinggung perasaan mereka ) lihat kitab hasyiyah ay syarqowi.

Baca juga ; Doa sholat tahajud lengkap

Tata cara sujud syukur


Seperti yang kita ketahui di dalam kitab kitab fikih bahwa sujud syukur itu fi makna sholat ( searti dengan sholat pada umunya) yaitu di mulai dengan takbir dan di akhiri dengan salam. Untuk itu cara melakukan atau mengerjakan sujud syukur iayalah sangat mudah yaitu sebagai barikut
1-Niat ( berssaman dengan takbirotul ihram )
نويت سجدة الشكرلله تعالى 
Nawaitu sajadata syukri lllhi ta’ala
Artinya: saya niat sujud syukur karena Allah SWT.
2- takbiratul ihram ( membaca allhu akbar )
3-sujud
Ketika sujud dan setelah membaca tasbih seperti biasa hendakdi tambah bacan berikut ini:
سجد وجهى للذي خلقه وصوره وشق سمعه وبصره بحوله وقوته
Sajada wajhi lilladzi kholaqohu wa showwarahu wa syaqqo sam’ahu wa bashorohu bi haulihi wa quwwatihi
4-thuma’ninah ( diam sebentar )
5- duduk ( bangun dari sujud )
6- thuma’ninah
7-salam
Namun sebelum melakukan sujud syukur harus memenuhi syarat-syarat nya. Yaitu sama dengan syarat syarat sholat , mulai dari harus suci dari hadas kecil dan besar, menutup aurat,menghadap qiblat dll, serta tidak melakukan sesuatu yang dapat membatalkan sholat seperti bicara dll.

Doa sujud syukur


Setelah shalam hendaknya membaca doa sujud syukur di bawah ini:

  اللهم لك سجدت وبك امنت ولك اسلمت سجد وجهى للذي خلقه وصوره وشق سمعه وبصره بحوله وقوته فتبارك الله احسن الخالقين              
Allahuma laka sajadtu abika amantu walaka aslamtu Sajada wajhi lilladzi kholaqohu wa showwarahu wa syaqqo sam’ahu wa bashorohu bi haulihi wa quwwatihi fatabarokallhu ahsanul kholiqina


Itulah sedikit artikel tentang tata cara dan doa sujud syukur mudah yang yang dapat kami tuangkan dalam tulisan ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua , khususnya saya pribadi. Amin!
Tag : Doa
0 Komentar untuk "Bacaan doa dan cara sujud syukur"

Back To Top