Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Ciri Ciri Batu Giok Asli Dan Jenisnya


Ciri Ciri Batu Giok Asli Dan Jenisnya

Batu giok adalah salah satu batu yang telah di kenal sejak 10.000 tahun yang silam dalam peradaban manusia.batu ini  memiliki banyak keistimewaan , diantaranya keras, berat, mengkilap dan keampuhannya dalam melindungi pemilik dari mara bahaya  membuat batu ini memilki  nilai tertinggi dalam sejarah kebudayaan cina.tidak cukup sampai di situ, batu ini tetap di percaya sebagai  simbol kesucian, keningratan dan perlindungan hingga detik ini.

Batu giok, batu giok asli, ciri ciri batu giok asli

baca juga:cara mengetahui batu akik asli dan palsu dengan air


jenis batu giok

hanya ada dua jenis batu giok yang di anggap asli di dunia ini, yaitu  nefrit (nephrite) dan jadeit (jadeite). giok jenis  nefrite telah di kenal dalam kebudayaan cina semenjak zaman Neolitikum (6000 tahun sebelum Masehi), sedangkan giok jenis jadeit baru muncul pada pertengahan abad ke 18 yaitu pada masa Dinasti CHING (1644-1912). pada mulanya  Jadeit diimpor dari wilayah Burma, batu  memiliki sifat-sifat yang berbeda dari nefrit, baik secara mineralogi ataupun gemologi. Mineral penyusunnya piroksen sedangkan nefrit amfibol, berat jenisnya lebih besar, transparansinya lebih tinggi dan warnanya lebih hidup dan lebih beragam. jadeit jauh lebih tinggi harganya daripada nefrit dalam dunia perdagangan .

simak juga:khasiat alami batu akik darah baik untuk kesehatan
untuk di indonesia sendiri para pemburu batu mulia lebih memilih batu giok (asli ) yang memiliki sifat-sifat seperti  seperti tahan gores, tahan panas dan terasa dingin , hanya sifat tahan goreslah yang dapat di pertanggung jawabkan secara ilmiah. Hal ini dapat dimaklumi karena kekerasan batu giok asli cukup tinggi yaitu (dalam skala Mohs) sekitar 6,5 untuk nefrit dan 7,0 untuk jadeit. Sifat tahan gores ini merupakan metode pertama dalam membedakan giok asli dengan giok palsu, Tapi bagaimana cara & alat apa yang kita pakai untuk menggoresnya ?

simak juga:khasit batu bacan palamea dan batu bacan doko

                                                                 batu giok asli, batu giok, jenis batu giok, harga batu giok

Ciri Ciri Batu Giok Asli


Batu giok asli mengandung  thermal diffusivity dengan kata lain memiliki sifat yang bisa menyebarkan panas 0,0160 cm2/detik,oleh karena jika batu giok di panaskan di satu titik, maka pengukursuhu panasnya akan naik drastis  dan lebih kencang dari pada beberapa batu akik lainnya.tapi di samping itu batu giok juga memiliki sifat yang dingin, lebih dingin daripada batu batu alam jenis lain Mengenai sifatnya yang dingin, batu giok memang lebih dingin dari kebanyakan batuan lain seperti obsidian, serpentin, atau prehnit karena batu giok memiliki thermal inertia atau kelembaman panas lebih tinggi. Tetapi apabila dibandingkan dengan mineral kelompok kwarsa, ternyata kelembaman panasnya seimbang sehingga rasa dinginnya pun dapat dipastikan sama.

baca juga:cincin batu akik merah delima atau ruby
oleh sebab itu sifat-sifat batu giok asli tidak bisa di masukkan akal dan sulit di deteksi ciri khasnya. namun untuk di kalangan para penguji batu giok di indonesia sendiri lebih cenderung dengan sifatnya yang anti panas alias tidak ada perubahan suhu jika hanya di panasi selama 15 menit.

Harga batu giok

Para Peneliti Batu Giok / Jade seluruh Dunia pasti akan tertawa mendengar pengakuan bahwa  pedagang / makelar / buyer indonesia mencari batu giok yang jika di panasi dengan api selama 15 menit, maka batu giok tersebut tidak akan terasa panas sedikitpun. Konon Giok anti panas ini, Buyer indonesia memasang harga beli mulai dari Rp.3 Milyar / Kg hingga sampai Rp.5 Milyar / Kg.
terima kasih telah membaca artikel Ciri Ciri Batu Giok Asli Dan Jenisnya,semoga bermanfaat bagi kita semua
0 Komentar untuk "Ciri Ciri Batu Giok Asli Dan Jenisnya"

Back To Top