f 5 Ciri-Ciri Keluar Mani / Sperma (Laki-Laki atau Wanita) - Najapedia
Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

5 Ciri-Ciri Keluar Mani / Sperma (Laki-Laki atau Wanita)


5 Ciri-Ciri Keluar Mani / Sperma (Laki-Laki atau Wanita)-Secara Umum, cairan yang keluar dari kemaluan manusia ada 3; mani, madzi dan wadzi. Dari semua macam cairan ini hanya mani yang mewajibkan mandi besar namun tidak najis. Berbeda dengan kedua cairan yang lainnya; madzi dan wadzi yang tidak mewajibkan mandi, namun kedua cairan ini najis.

Terkadang kita tidak bisa membedakan air mani dan madzi. Kita bingung ketika tiba-tiba melihat cairan keluar dari kemaulan kita. Apakah ini mani sehingga mengharuskan kita mandi besa, ataukah cuman madzi atau wadzi yang cukup kita bersihkan dengan air suci tanpa harus mandi? Masalah ini tidak lebih disebabkan  karena kita tidak tau ciri-ciri mani / sperma itu sendiri. agar tidak bingung dan bisa membedakan, simak  ciri berikut ini:

5 Ciri-Ciri Keluar Mani / Sperma (Laki-Laki atau Wanita)

Ciri-Ciri Mani Laki-Laki

Dalam kitab Nihayatul Muhtaj, imam ramli menjelasakan bahwa mani dapat kita ketahui atau kita pastikan dengan beberapa ciri di bawah ini:
1. Tadaffuq (keluarnya melonjak-lonjak, Muncrat)
2. Taladdzudz (keluarnya berasa nikmat)
3. Bau tepung
4. Seperti adonan/pasta saat basah
5. Seperti putih telur saat kering.

Jika salah satu ciri saja di atas terpenuhi maka ia dihukumi mani, alias bukan madzi atau wadzi. Namun ,  jika semua ciri di atas tidak terpenuhi  maka jelas cairan itu bukan mani. Sebab, tidak ada cairan selain mani memiliki ciri ciri di atas.

وَيُعْرَفُ ) الْمَنِيُّ ( بِتَدَفُّقِهِ ) وَهُوَ خُرُوجُهُ بِدَفَعَاتٍ ، قَالَ تَعَالَى { مِنْ مَاءٍ دَافِقٍ } ( أَوْ لَذَّةٍ ) بِالْمُعْجَمَةِ ( بِخُرُوجِهِ ) أَيْ وُجْدَانِهَا وَإِنْ لَمْ يَتَدَفَّقْ لِقِلَّتِهِ وَيَلْزَمُهُ فُتُورُ الذَّكَرِ وَانْكِسَارُ الشَّهْوَةِ غَالِبًا ( أَوْ رِيحُ عَجِينٍ ) وَطَلْعِ نَخْلٍ ( رَطْبًا وَبَيَاضَ بَيْضٍ جَافًّا ) وَإِنْ لَمْ يَتَدَفَّقْ وَيُلْتَذَّ بِهِ كَأَنْ خَرَجَ مَا بَقِيَ مِنْهُ بَعْدَ الْغُسْلِ فَأَيُّ صِفَةٍ مِنْ الثَّلَاثِ وُجِدَتْ كَفَتْ إذْ لَا يُوجَدُ شَيْءٌ مِنْهَا فِي غَيْرِهِ ، وَقَوْلُهُ رَطْبًا وَجَافًّا حَالَانِ مِنْ الْمَنِيِّ لَا مِنْ الْعَجِينِ وَبَيَاضِ الْبَيْضِ ، وَلَا أَثَرَ لِثَخَانَةٍ أَوْ بَيَاضٍ فِي مَنِيِّ الرَّجُلِ وَلَا ضِدَّ ذَلِكَ فِي مَنِيِّ الْمَرْأَةِ ( فَإِنْ فَقَدَتْ الصِّفَاتِ ) أَيْ الْخَوَاصِّ الْمَذْكُورَةِ ( فَلَا غُسْلَ ) لِأَنَّهُ لَيْسَ بِمَنِيٍّ

Adapun ciri-ciri mania atau sperma wanita hampir sama dengan ciri di atas. Imam Nawawi dalam Syarh shahih muslim menyebutkan :

وأما مني المرأة فهو أصفر رقيق وقد يبيض لفضل قوتها، وله خاصيتان يعرف بهما، إحداهما: أن رائحته كرائحة مني الرجل. والثانية: التلذذ بخروجه، وفتور شهوتها عقب خروجه. انتهى

“Mani perempuan berwarna kuning encer dan terkadang menjadi putih karena sebab bertambah kekuatan (syahwat) wanita tersebut. Mani wanita memiliki dua ciri khas yang diketahui dengan salah satu dari keduanya. Yang pertama berbau seperti mani orang laki-laki. Kedua, terasa nikmat dan akan membuat badan terasa lemas.

kalau disimpulkan ciri mani wanita ada 4 sebagai berikut:

1. Keluar dengan syahwat dan terasa nikmat. Artinya seorang wanita merasakan kelezatan saat mani keluar.
2. Terasa lemas setelah mani keluar.
3. Memiliki bau seperti mayang pohon kurma atau adonan tepung.
4. Warnanya kuning encer. Pada sebagian wanita warnanya putih


Sumber:
1. Nihayatul Muhtaj
2. Syarh Shahih Muslim

Tag : Fikih
0 Komentar untuk "5 Ciri-Ciri Keluar Mani / Sperma (Laki-Laki atau Wanita)"

Back To Top