Tuesday 26 December 2017

Kado Doa Anak Sholeh Untuk Kedua Orang Tua (Bapak dan Ibu) Arab, Latin dan Artinya

Tags

Doa Untuk Kedua Orang Tua Lengkap – orang tua adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Mereka telah banyak meluangkan waktu, tenaga, fikiran dan tenaga hanya untuk mendidik dan merawat kita hingga kita bisa menjadi pribadi yang sholeh yang berbakti kepada mereka, agama dan Negara.
Oleh karena itu, kita wajib menghormati bapak ibu kita selaku orang orang tua dan selalu memanjatkan doa ampuna untuk mereka .jangan sekali-kali kita lukai harti mereka, meskipun sejatinya mereka tidak akan pernah merasakan sakit atas luka yang telah kita gores. Carilah keridoan mereka karena dengan ridho mereka  kita akan menjadi orang yang paling selamat dunia akhirat. Dalan hadis disebutkan:
رِضَى اللهِ فِى رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسُخْطُ اللهِ فِى سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ
Artinya:
"Keridhoan Allah SWT itu tergantung pada keridhoan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua"  (H.R Tabrani)
Dari hadist diatas dijelaskan bahwa Allah SWT keridhoan dan kemurkaan Allah sangat bergantu pada keridhoan dan kemurkaan kedua orang tua.

Kado Doa Anak Sholeh Untuk Kedua Orang Tua (Bapak dan Ibu) Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua (Bapak dan Ibu)

Meskipun  orang tua (bapak dan ibu) kita tidak pernah meminta imbalan atas jasa yang telah mereka berikan kepada kita sebagai anak. namun sudah menjadi suatu kewajiban bagi kita sebagai pribadi anak anal sholeh, pintar untuk menghormati, menyayangi dan mencintai mereka. walaupun semua yang telah kita berikan kepada mereka tidak akan mampu membalas semua jasa-jasa dan kasih sayang mereka selama ini. Dan salah satu kewajiban seorang anak kepada orang tuanya ialah mendoakan mereka, baik yang masih ada maupun yang sudah tidak ada (meninggal dunia).
Tidak pantas jika ada seorang anak tidak mau meluangkan sedikit waktunya untuk mendoakan orang tua (Bapak dan Ibu) yang telah mengorbankan segalanya demi kebahagiaan kita. Apalagi jika mereka berdua sudah meninggal dunia menghadap sang pencipta. Maka satu satunya harapan terbesar mereka adalah penjatan doa dari kita, doa anak sholeh. sedangkan untuk bacaan doa untuk kedua orang tua lengkap dengan latin dan terjemahnya adlah sebagai berikut.



Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Allahummaghfirlii waliwaalidayya warham humaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa

Artinya:
"Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil"
Kemudian untuk doa memohon ampunan untuk kedua orang tua beserta latin dan artinya adalah sebagai berikut:.


Doa Mohon Ampunan Dosa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati Al ahyaa'i minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil adhiimi.

Artinya :
"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.


Itulah bacaan doa anak sholeh untuk kedua orang tua dan doa memohon ampunan untuk kedua orang tua. Mungkin dengan mendoakan mereka dengan doa ini kita bisa mendapat ridho mereka sehingga Allah pun juga akan ridho dengan mereka. Amin. Semoga bermanfaat. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon