Thursday 28 December 2017

Doa Yang Dibaca Dalam Sholat Jenazah Setelah Takbir Ke 3 dan 4

Tags

Bacaan Doa Sholat Jenazah Setelah Takbir Ke 3 dan 4Sholat jenazah adalah salah satu sholat yang bersifat wajib, namun dalam taraf wajib kifayah. Sholat ini di kerjakan ketika menjumpai seorang muslim yang meninggal dunia.

Namun, Tidak Semua umat Islam mengerti betul tentang tata cara sholat janazah. Apalagi mengenai bacaan-bacaan doa di dalamnya. Terkada ada seorang muslim enggan untuk mensholati tentangganya yang meninggal (padahal ia ingin sekali ikut berkumpul sholat jenazah) hanya karena tidak tau bacaan sholat jenazah, khususnya pada takbir ke 3 dan ke 4.
untuk bacaan dalam takbir ke 3 dan ke 4 memang dianggap agak sulit. Apalagi bagi umat Islam yang masih nol tentang ilmu agama. Berbeda dengan takbir ke 1 dan 2 yang hanya membaca al-Fatihan dan sholawat ibrahim sebagaimana yang biasa kita baca dalam tahiyat akhir.
Baiklah, biar tidak terlalu banjang langusng kita ke pokok pembahasan yakni “ apa yang di baca takbir ke 3 dan 4 dalam sholat jenazah?” silah hafalkan berikut ini:

Doa Yang Dibaca Dalam Sholat Jenazah Setelah Takbir Ke 3 dan 4


Bacaan doa sholat jenazah takhbir ke 3

اللهم اغْفِرْ لَهُ وارْحَمهُ وعافِهِ واعفُ عنه

Allahumma-ghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu anhu

Bacaan doa sholat jenazah takhbir ke 4

اللهُمّ لاتَحرِمْنا أَجْرَهُ ولاتَفْتِنّا بَعدَهُ واغْفِرْ لنا ولَهُ

Allahumma laa tahrimna ajrohu walaa taftinnaa ba'dahu waghfirlana walahu

Atau bisa juga membaca bacaan doa sholat jenazah yang panjang misalnya seperti

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِمِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ
وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّار وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ

Allahummaghfir lahu (lahaa) warhamhu (haa) wa’aafihii (haa) wa’fu ‘anhu (haa) wa akrim nuzulahu (haa) wawassa’madkhalahu (haa) waghsilhu (haa) bil-maa’I watstsalji wal-baradi wanaqqihi (haa) minal-khathaayaa kamaa yu-naqqatats-tsaubul-abyadhu minad-danasi waabdilhu (haa) daaran khairan min daarihi (haa) wa ahlan khairan min ahlihi (haa) wa zaujan khairan min zaujihi (haa) wa adkhilhul jannata wa a’iduhu min ‘adabil qabri wa ‘adabin nar

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dia, dan kasihanilah dia, sejahterakan ia dan ampunilah dosa dan kesalahannya, hormatilah kedatangannya, dan luaskanlah tempat tinggalnya, bersihkanlah ia dengan air, salju dan embun. Bersihkanlah ia dari segala dosa sebagaimana kain putih yang bersih dari segala kotoran, dan gantikanlah baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya yang dahulu, dan gantikanlah baginya ahli keluarga yang lebih baik daripada ahli keluarganya yang dahulu, dan peliharalah ia dari siksa kubur dan azab api neraka.” (HR. Muslim)

Untuk lebih jelasnya silahkan baca Tuntunan Sholat Jenazah Lengkap


Demikianlah artikel tentang bacaan dalam takbir ke 3 dan 4 dalam sholat jenazah yang bisa kami share pada kesempatan kali ini. semoga bermanfaat!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon