Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

4 Hikmah dan Manfaat Luar Biasa Di Balik Aqiqah

Setiap ajaran dalam agama Islam pasti memiliki hikmah yang terpendam meskipun tidak banyak orang yang mengetahuinya, termasuk ajaran aqiqah/aqiqoh. Hikmah itu tiada lain  akan memberi manfaat bagi para penganut agama Islam, khususnya bagi mereka yang menjalankan ajaran tersebut.

Terdapat beberapa hikmah yang sangat indah, faidah dan kemaslahatan yang luar biasa dalam pensyariatan aqiqah / aqiqoh bagi seorang anak. Tidak hanya untuk agamanya, melainkan Hikmah atau manfaat aqiqah itu mengena pada kehidupan duniawinya. Adapun Keterangan ini kami ambil dari pemaparan Dr.Musthafa al-Bagha Ali Syarbaji dalam kitabnya, al-Fiqh al- Manhaji. Lebih jelasnya sebagai berikut:

4 Hikmah dan Manfaat Luar Biasa Di Balik Aqiqah

1. Di dalam pensyariatan Aqiqah / Aqiqoh terdapat ekspresi suka cinta atas karunia Allah SWT. Yang telah memudahkan proses persalinan, dzat yang telah memberi rizqi berupa anak terhadap orang tua bayi, yang sudah sangat jelas bahwa anugrah bayi sangat disenangi oleh pasutri, maka sudah selayaknya bagi mereka untuk bersyukur kepada Dzat yang memberi karunia. Sebagaimana firman Allah :

وَإِنْ تَشْكُرُوا يَرْضَهُ لَكُمْ

dan jika kamu bersyukur, Niscaya Dia meridhai bagimu kesyukuranmu itu” (Qs. az-Zumar, 07)

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“dan (ingatlah juga), tatkala tuhanmu memaklumkan; sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmatku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih” (Qs.Ibrahim,07)

الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلًا

harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia, tetapi amalan-amalan kekal lagi shaleh adalah lebih baik pahalanya di sisi tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan” (Qs. al-Kahfi,46)

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ

dijadikan indah pula (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita, anak-anak” (Qs. Ali Imran,14)

2- Kasih sayang orang tua dengan memasyhurkan nasab si anak dan mempublikasikannya, hal ini harus dilakukan agar tidak timbul omongan yang tidak mengenakkan kepada si Anak, dan di sinilah prosesi aqiqah /aqiqoh menemukan konteksnya.
3- Menumbuhkan bakat kedermawanan pada masyarakat dan menentang kebakhilan yang merupakan bawaan nafsu. Firman Allah SWT.” Walaupun manusia itu menurut tabiatnya adalah kikir” (Qs. an-Nisa’ 128)

وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung” (Qs.al-Hasyr,09)

4- Menyenangkan hati keluarga, anak famili, rekan dan orang-orang faqir dengan mengumpulkan  mereka pada makanan (menjamu mereka) dan dengan bertemu mereka terdapat interaksi sosial yang akan menumbuhkan rasi kasih, sayang dan cinta. Hal ini selaras dengan dengan watak Islam sebagai agama yang tentram, ramah serta penuh kasih sayang.

Itulah 4 Hikmah luar biasa yang terdapat dalam pensyariatan Aqiqah. Sebenarnya hikmah itu tidak hanya 4 seperti di atas, tetapi masih ada segudang hikmah lagi yang belum bisa kita cermati. Semoga bermanfaat.
Tag : Aqiqah, Fikih
0 Komentar untuk "4 Hikmah dan Manfaat Luar Biasa Di Balik Aqiqah"

Back To Top