Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Begini Lafadz Doa Niat Mandi Sunnah Hari Raya Idul Fitri Bahasa Arab

Begini Lafadz Doa Niat Mandi Sunnah Hari Raya Idul Fitri Bahasa Arab

Tidak terasa Hari raya idul fitri sudah ada didepan mata kita. Hanya butuh beberapa jari untuk menghitungnya.  Hari kemenangan dan hari makan-makan umat Islam. Tidak boleh berpuasa pada hari itu.Kecuali ada udzur yang melegalkan. Oleh karena itu, mari kita sambut hari kemenangan ini dengan penuh persiapan. Persiapan ilmu tentang etika dan hal hal yang disunnahkan pada hari raya idul fitri.

Pada hari idul fitri, kita disunnahkan melaksakan sholat ied secara berjama’ah dan mandi sebelum berngkat yang pastinya harus disertai dengan niat. Agar perbuatan ini bisa bernilai ibadah dan menjadi pembeda antara mandi atau keramas karena ingin membersihkan diri dan mandi untuk meraih pahala mandi shalat idul fitri.

Sebenarnya, masalah niat,  baik niat mandi untuk sholat idul fitri atau niat ibadah lain tidak perlu kita anggap sulit. Meskipun tanpa lafadz nawaitu pun tetap bisa. Sebab,  niat itu bukan yang diucapkan oleh lisan, tapi kemauan yang melekat dalam hati.

Begini Lafadz Doa Niat Mandi Sunnah Hari Raya Idul Fitri Bahasa Arab

Tapi meskipun demikian, kita tetap di anjurkan untuk me lafadz kan niat mandi hari raya idul fitri tersebut. Hal ini dilakukan sebagaii alat untuk memantap hati  agar lebih tenang,yakin dan mantap pada ibada yang kita lakukan.  Tidak ada keraguan.  Baiklah agar tidak terlalu panjang.  Akan kami tulis tentang bacaan lafadz niat mandi sholat idul fitri.

Niat Mandi Sholat Idul Fitri.

Bahasa Arab

نويت الغسل لعيد الفطر سنة لله تعالى

Bahasa latin

Nawaitul ghusla li ‘iidil fitri sunnatan lillahi ta’ala

Artinya:

Saya niat mandi sunnah idul fitri karena Allah ta’ala.

Lafadz niat mandi idul fitri di atas sangat mudah dan gampang di hafal. Namun,  yang menjadi masalah adalah adakah kita ingat niat mandi idul fitri ketika mandi?  Disinilah yang menjadi ptoblem. Banyak orang mengerti namun minim pengamalan.  Mungkin karena ini dipandang remeh.  Padahal, meskipun niat ini remeh dapat mengubah pekerjaan duniawi menjadi bernilai pahala. Marilah kita amalkan dari yang kecil. Semoga bermanfaat.!

Tag : Fikih
0 Komentar untuk "Begini Lafadz Doa Niat Mandi Sunnah Hari Raya Idul Fitri Bahasa Arab"

Back To Top