Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Cara Mendidik Anak Sejak Dini Sesuai Tuntunan al-Quran

Cara Mendidik Anak Sejak Dini Sesuai Tuntunan al-Quran

Pendidikan seseorang akan menentukan masa depan-Nya kelak, ia akan banyak memberikan manfaat banyak kepada orang lain dengan apa yang ia peroleh dari ilmunya.

Seseorang yang sukses dengan apa yang diperolehnya adalah salah satu keberhasilan pendidik di dalam mentransferkan ilmunya kepada mereka. Pendidik atau Guru yang Ideal bukan hanya sekedar memberikan pengajaran atau sekedar mengajar, akan tetapi seorang guru bisa menciptakan suasana pada anak didik-nya tetap belajar.

Dalam sejarah, kita tahu bahwa pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan keislaman pada abad ke Tiga Hijriah, Hal itu ditandai dengan tampilnya para ulama terkemuka dalam berbagai studi keislaman, semisal Abad ke Tiga menampilkan karya-karya terbaik ulama besar yang menjadi rujukan kaum muslim dalam bidang hadis seperti Muhammmad bin Ismail Bukhori (194-256 H\ 810-870 M) pengarang kitab shohih bukhori dan lainya-Nya.

Cara Mendidik Anak Sejak Dini Sesuai Tuntunan al-Quran


Alquran memberikan petunjuk jelas tentang bagaimana mendidik yang seharusnya dilakukan oleh seorang pendidik, misalnya Qs. Al-Jumuah: 28: 2.

هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ (

Artinya :Dialah yang mengutus seorang rasul kepada kaum yang buta huruf dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayatnya, menyucikan (jiwa)  mereka dan mengajarkan kepada mereka kitab hikmah (sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.

Dalam ayat ini Allah mengutus seorang ummi  kepada orang-orang Arab yang kala itu mereka tidak bisa  membaca dan menulis dari golongan mereka sendiri (Muhammad).


Jadi menurut ayat di atas, setidaknya ada beberapa tugas bagi siapa saja yang berperan sebagai pendidik atau guru sebagaimana nabi Muhammad diutus kepada orang Arab untuk memperkenalkan syariat Yang  benar:

1. Mengajarkan kepada anak didik tentang Ayat-ayat Alquran

2. Memberikan nasihat-nasihat yang baik kepada mereka

3. mengenalkan serta memberikan pengajaran tentang hadis-hadis nabi serta cara bagaimana mempraktekkanya dalam keseharian.

Ditulis Oleh: Ust.Fajar Shodiq



0 Komentar untuk "Cara Mendidik Anak Sejak Dini Sesuai Tuntunan al-Quran"

Back To Top