Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

5 Hal Yang Akan Diperoleh Umat Nabi Muhammad S.A.W Yang Berpuasa di Bulan Ramadhan

Tulisan ini Kami sarikan dari kiriman guru Kami Ust. Ahmad Tholhah Ma'ruf di akun resmi facebooknya.  Semoga bermanfaat.

ﺃﻋﻄﻴﺖ ﺃﻣﺘﻲ ﻓﻲ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﺧﻤﺴﺎ ﺃﻣﺎ اﻷﻭﻟﻰ ﻓﺈﺫا ﻛﺎﻥ ﺃﻭﻝ ﻟﻴﻠﺔ ﻣﻦ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻧﻈﺮ اﻟﻠﻪ ﺇﻟﻴﻬﻢ، ﻭﻣﻦ ﻧﻈﺮ ﺇﻟﻴﻪ ﻟﻢ ﻳﻌﺬﺑﻪ. ﻭﺃﻣﺎ اﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﻓﺈﻥ ﺧﻠﻮﻑ ﺃﻓﻮاﻫﻬﻢ ﺣﻴﻦ ﻳﻤﺴﻮﻥ ﺃﻃﻴﺐ ﻋﻨﺪ اﻟﻠﻪ ﻣﻦ ﺭﻳﺢ اﻟﻤﺴﻚ. ﻭﺃﻣﺎ اﻟﺜﺎﻟﺜﺔ ﻓﺈﻥ اﻟﻤﻼﺋﻜﺔ ﻳﺴﺘﻐﻔﺮﻭﻥ ﻟﻬﻢ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ ﻭﻟﻴﻠﺔ. ﻭﺃﻣﺎ اﻟﺮاﺑﻌﺔ ﻓﺈﻥ اﻟﻠﻪ ﻳﺄﻣﺮ ﺟﻨﺘﻪ، ﻓﻴﻘﻮﻝ ﻟﻬﺎ: اﺳﺘﻌﺪﻱ ﻭﺗﺰﻳﻨﻲ ﻟﻌﺒﺎﺩﻱ ﺃﻭﺷﻚ ﺃﻥ ﻳﺴﺘﺮﻳﺤﻮا ﻣﻦ ﺗﻌﺐ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﺇﻟﻰ ﺩاﺭ ﻛﺮاﻣﺘﻲ. ﻭﺃﻣﺎ اﻟﺨﺎﻣﺴﺔ ﻓﺈﺫا ﻛﺎﻥ ﺁﺧﺮ ﻟﻴﻠﺔ ﻏﻔﺮ ﻟﻬﻢ ﺟﻤﻴﻌﺎ، ﻓﻘﺎﻝ ﺭﺟﻞ ﺃﻫﻲ ﻟﻴﻠﺔ اﻟﻘﺪﺭ؟ ﻗﺎﻝ ﻻ، ﺃﻟﻢ ﺗﺮﻭا ﺇﻟﻰ اﻟﻌﻤﺎﻝ ﻳﻌﻤﻠﻮﻥ، ﻓﺈﺫا ﻓﺮﻏﻮا ﻣﻦ ﺃﻋﻤﺎﻟﻬﻢ ﻭﻓﻮا ﺃﺟﻮﺭﻫﻢ

Lima hal yang akan didapatkan oleh ummat Nabi Muhammad sholla Allahu alaihi wasallam di bulan suci Ramadhan :
5 Hal Yang Akan Diperoleh Umat Nabi Muhammad S.A.W di Bulan Ramadhan

1. Di hari pertama Allah S.W.T memberikan rahmatNya pada mereka. Hingga mereka dapat menjalankan ibadah puasa,  shalat tarawih dan ibadah lainnya. Dan mereka yang mendapat bagian rahmatNya tentu tidak akan disiksa.

2. Pahala bau mulut di sore hari lebih banyak pahalanya di banding pahala memakai minyak wangi untuk menghilangkan bau tidak sedap.

3. Para malaikat memintakkan ampunan untuk mereka setiap saat selama bulan Ramadan.

4. Allah azza wa jalla memerintahkan surga untuk standby menyambut mereka (sebagai jaminan mereka akan masuk surga).

5. Hari terakhir bulan Ramadan adalah waktunya mereka menerima ampunan dari Allah azza wa jalla.

Seorang sahabat : apa malam terakhir itu maksudnya saat Lailatul Qodar ?

Nabi : tidak. Tapi semua yg menjalankan pertintah di bulan Ramadan akan mendapat pahala, layaknya pekerja di akhir bulan.

#Pesan

1. Hanya yg mendapat rahmatNya yg dapat menjalankan ibadah puasa dan meperbanyak perbuatan baik di bulan Ramadan.
2. Hadits ini terbilang dhoif yg mendekati shoheh atau disebut dg hadits hasan, dan dijadikan dasar pendukung oleh fuqoha' dlm hukum bersiwak saat berpuasa.
3. Lima hal ini hanya berlaku bagi mereka yg diterima ibadahnya. Untuk dapat diterima ibadahnya langkah pertama memenuhi ketentuan syariat dalam beribadah yg diantaranya menahan diri dari perbuatan maksiat bahkan perbuatan yg tidak bernilai ibadah khususnya saat berpuasa.
Tag : Tabsyir
0 Komentar untuk "5 Hal Yang Akan Diperoleh Umat Nabi Muhammad S.A.W Yang Berpuasa di Bulan Ramadhan"

Back To Top