Sunday 14 May 2017

17 Amalan Puasa Bulan Ramadhan Yang Harus Kita Lakukan Agar Mendapat Pahala Sempurna (Tidak Sia-Sia)

17 Amalan Puasa Bulan Ramadhan Yang Harus Kita Lakukan Agar Mendapat Pahala Sempurna (Tidak Sia-Sia)

Ada beberapa amalan atau adab-adab dalam menunaikan ibadah puasa, khususnya puasa di bulan ramadhan. Hal demikian agar puasa yang kita tunaikan bernilai sempurna bukan hanya sekedar puasa yang tidak berbuah pahala.

Berikut ini adalah beberapa amalan yang bisa kita peraktikkan untuk meraih pahala puasa ramadhan pada tahun 1438 H | 2017 M ini. Sebagai berikut: 

17 Amalan Puasa Bulan Ramadhan Yang Harus Kita Lakukan Agar Mendapat Pahala Sempurna


1. Sholat sunnah dua rakaat pada malam pertama di bulan ramadhan, dan membaca surat al-Fath setelah membaca surat al-Fatihah pada setiap rakaatnya.

2. Memperbanyak amalan ketaatan pada bulan Ramadhan, yaitu dzikir, sholat sunnah, doa, sedekah dan membaca al-Quran dengan menghayati maknanya.

3. Menunaikan sholat tarawih setiap malam tanpa terputus-putus, dan jika terdapat udzur, maka disunnahkan untuk mengqadhainya pada waktu kosong, berdasarkan sabda Rasulullah SAW.:

من قام رمضان ايمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه رواه البخاري ومسلم

Artinya: “Barangsiapa yang mendirikan Qiyamul lail (tarawih) karena iman dan mengharap ridha Allah, maka Allah akan menghapus dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR.Bukhari dan Muslim)

4. Tidak melakukan ghibah (menggunjing seseorang), berbohong, namimah (adu domba), karena hal tersebut dapat menghapus pahala puasa, di samping itu juga karena hal tersebut hukumnya haram.

5. Tidak berbicara buruk tatkala berpuasa.

6. Berbuka dengan sesuatu yang halal, karean barangsiapa yang berbuka puasa dengan sesuatu yang haram, maka Allah SWT.tidak akan menerima puasanya.

7. Tidak banyak tidur pada waktu siang hari bulan ramadhan.

8. Tidak melakukan perdebatan dengan orang lain ketika sedang berpuasa, dan jika ada yang berdebat atau dicaci maka ucapkanlah : “Saya sedang berpuasa”.

9. Tidak banyak mendengarkan musik atau menonton tv.

10. Rutin dalam menghadiri majlis-majlis taklim

11. Sering menziarahi makam orang tua jika sudah meninggal dunia, dan bersedekah atas nama mereka.

12. Jika dalam keadaan janabah (hadas besar seperti keluar mani), maka disunnahkan untuk mandi sebelum terbitnya fajar, agar dapat menunaikan ibada puasa ramadhan dalam keadaan suci.

13. Tidak menggunakan minyak wangi tatkala berpuasa, karena hukumnya adalah makruh.

14. Disunnahkan mandi setiap selesai berbuka, agar dapat melaksanakan sholat tarawih dengan semangat.

15. Memberikan nafkah yang lebih kepada keluarga jika mampu.

16. Bersahur meskipun merasa kenyang, dalam makan sahur terdapat keberkahan, berdsarkan sabda Rasulullah SAW.:

تسحروا فان في السحور بؤكة

Artinya: “makanlah sahur, karena sesungguhnya di dalam makan sahur tersebut terdapat keberkahan. (HR. Bukhari dan Muslim)

17. Membaca doa ketika berbuka puasa (baik puasa fardhu atau puasa sunnah).

Itulah 17 amalan yang bisa kita lakukan pada bulan ramdhan tahun ini. Kami berharap, amalan ramadhan juga bisa kami terapkan dalam kehidupan kami sehingga kami tidak hanya menyuguhkan amalan tanpa adanya pengamalan. Wallahu A’lam

Disarikan dari kitab: Kitabul Adab karya Habib Zein bin Ibrahim bin Zein bin Sumaith

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon