Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Mau Menjadi Orang Sukses ? Ini Cara, Kiat Dan Rahasianya !

Kita akan membahas tentang rahasia orang-orang sukses; karakter, kiat, resep dan cara apa saja yang bisa membuat mereka mencapai kesuksesan yang luarbiasa. So, jika Anda ingin seperti mereka. Maka, setidaknya Anda harus melakukan apa yang mereka lakukan dan memiliki (sifat/karakter) yang mereka miliki dan buatlahlah inovasi. Berikut karakter-karakter orang sukses yang perlu Anda intip dan ditanamkan dalam diri Anda.

1. Harga diri

Harga diri adalah perasaan berharga yang  Anda pandang terhadap diri Anda sendiri. Apakah Anda merasa berharga atau tidak, semua di tentukan oleh Anda sendiri dalam artia bagaiman Anda menilai diri Anda sendiri . Saat Anda menilai diri Anda berharga, maka akan semakin mudah Anda mencapai puncak kesuksesan. Namun sebaliknya, Saat Anda memandang diri Anda sebagai orang yang  tidak berharga, maka akan semakin sulit pula Anda untuk mencapai kesuksesan yang Anda Inginkan.
Harga diri memiliki peranan yang sangat siginfikan dalam memberi pengaruh pada diri Anda dalam membangun hubungan baik dengan orang lain. Anda akan Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan ketika anda memiliki harga diri yang baik. Begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, Menjaga harga diri agar tetap terjaga dengan baik adalah tugas yang sangat penting.

2. Percaya diri

Karakter kedua adalah Percaya diri. Ia merupakan perasaan percaya terhadap kemampuan diri sendiri. Jika Anda benar-benar memiliki rasa percaya diri, maka ketika Anda berada dalam tekanan, Anda akan mengandalakan diri Anda untuk menyelesaikan semua tekanan yang Anda hadapi bukan malah mencari kambing hitam dari masalah yang Anda hadapi. Orang yang percaya diri (Baca:PD) akan selalu memiliki komitmen dan perasan bahwa Ia pasti bisa menghadapi smasalah yang menghadang.
Rasa percaya diri sangat b erat kaitannya dengan harga diri. Orang yang memiliki harga diri yang baik, dia akan memiliki rasa percaya diri yang baik juga. Jadi, Harga diri dan percaya diri saling berkaitan antara satu sama lain.

Mau Menjadi Orang Sukses ? Ini Cara, Kiat Dan Rahasianya !

3. Sikap pantang menyerah

Apa yang akan terjadi bila Anda dihadapakah dengan permasalahan yang sangat rumit yang dapat membuat Anda langsung menyerah di tengah jalan. Bisa jadi semua apa yang Anda inginkan dan rencanaka  akan berantakan atau bahkan tidak akan pernah bisa tercapai dalam hidup Anda. Sedangkan hidup adalah gudangnya permasalahan. Tidak heran jika kata-kata “jika anda ingin tidak memikul masalah, maka jangan hidup!, karena hidup adalah tempatnya masalah . Mencari kambing hitam dalam menghadapi masalah adalah salah satu efek dari sikap mudah menyerah.
Disinilah perbedaan antara orang sukses dengan orang gagal. Orang sukses ketika dihadapkan dengan suatu tantangan, mereka bukannya lari, akan tetapi mencari cara bagaimana agar ia bisa mengatasi tantangan itu. Itulah yang membuat mereka lebih terlihat dewasa dalam menghadapi dan memaknai setiap masalah dibandingkan dengan orang yang mudah menyerah.

4. Kreatif dan Inovatif

Orang yang kreatif adalah orang yang memiliki daya cipta yang unik, baik yang terlihat atau pun tidak (ide, solusi, konsep). Mereka akan mencoba segala cara untuk mencipkan hal baru. Mereka memiliki sebuah prinsip “jika Anda melakukan cara yang sama, maka hasilnya pun juga sama” analoginya begini, jika beras dibasuh kemudian dimasukkan kedalam sebuah wadah (temapat menanak nasi) yang sudah berisi air lalu dipanaskan makan akan jadi nasi. Jika Anda tetap melakukan cara yang sama pada beras tersebut maka hasilnya akan tetap. Tetap menjadi nasi. Tidak mungkin menjadi roti. Tapi bila Anda melakukan cara yang berbeda dengan menggiling beras tersebut lalu mencampurnya dengan telur kemudian dikukus maka hasilnya akan berubah. Akan menjadi roti bukan nasi lagi. Begitu juga diri Anda. Anda ibarat beras tersebut. Jika Anda terus menerus-menerus mengikuti cara-cara orang gagal semisal malas, mudah menyerah, tidak percaya diri dll, maka Anda juga pasti menjadi orang gagal seperti mereka. Cobalah cara baru, cara-caranya orang-orang sukses niscaya Anda akan sukses pula.

5. Action

Tidak hanya berangan-angan, mereka langsung melakukan action untuk mencapai impian mereka. Dengan melakukan action akan lebih memudahkan mereka mengetahui seberapa jauh mereka telah mencapai perjalanan. Apakah perlu melakukan strategi yang berbeda dalam mencapai atau perlu mengurangi upaya yang tidak dibutuhkan dalam mencapai kesusksesan mereka.
Inilah yang banyak orang tidak berani lakukan. Ini juga yang membedakan antara orang yang sukses dan orang gagal. Orang sukses sangat mengetahui prinsip dasar ini. Dengan Anda melakukan action cepat atau lambat Anda akan semakin dekat dan mencapai impian mereka.
Banyak orang gagal,  iri dan dengki dengan orang sukses karena orang gagal tidak mau melakukan satu action dalam proses mencapai apa yang mereka inginkan. Bila Anda adalah salah satu dari mereka yang suka iri dan dengki melihat orang yang telah sukses, Anda perlu mengatasi emosi iri dan dengki terlebih dahulu. Emosi ini akan sangat menghambat Anda dalam mencapai kesuksesan Anda. Selanjutnya melakukan action setelah membuat target atas apa yang ingin Anda capai di masa depan.


6. Komitmen

Komitmen adalah janji yang Anda lakukan terhadap diri Anda. Komitmen menandakan Anda serius terhadap hidup Anda atau apa yang ingin Anda capai. Komitmen juga berarti Anda siap untuk melakukan semua cara dan upaya yang dibutuhkan untuk mencapai impian Anda, tidak peduli apa pun yang Anda akan hadapi di depan. Bila Anda komitmen dan melakukan evaluasi dalam proses pencapian impian Anda, cepat atau lambat Anda akan sampai di surga impian Anda.
Kebanyakan orang tidak berani berkomitmen terhadap impian mereka karena takut ditolak dan gagal dalam proses mencapai impian mereka. Bila hal ini terjadi, sebaiknya Anda melihat kembali mengapa Anda ingin mencapai impian Anda. Untuk apa Anda harus mencapai impian tersebut. Bila ternyata tujuanya tidak tepat wajarlah Anda tidak bisa berkomitmen dengan diri Anda sendiri, tapi kalau memang impian Anda bermakna dan penting bagi Anda, maka Anda harus menguatkan diri Anda untuk mencapai impian Anda.

7. Bersyukur

Bersyukur adalah rasa terimakasih kepada Tuhan atas sesuatu yang dimiliki. Baik keuangan, kesehatan, kebutuhan atas apa yang sudah dimiliki dan masih banyak lagi. Orang yang berhasil dalam hidupnya adalah orang yang tahu berterima kasih atas apa yang sudah mereka miliki dan kepada orang-orang yang sudah membantunya selama ini.
Bersyukur adalah satu bentuk energi yang sangat kuat. Semakin kita bersyukur semakin kita menarik hal yang kita syukuri dalam hidup. Ini sama dengan prinsip energi pikiran. Kesamaan menarik kesamaan.

8. Pasrah

Orang yang memiliki karakter pasrah adalah mereka yang tidak memikirkan hasil akhir dari setiap perjuangan yang mereka lakukan. Mereka fokus untuk hidup saat ini dan melakukan upaya terbaik yang bisa mereka lakukan saat ini. Masalah hasil diserahkan kepada Tuhan. Mereka memiliki prinsip “do the best let’s God take the rest” Mereka menyadari satu hal, bahwa semakin mereka fokus kepada tujuan, semakin melekat mereka. Mereka tidak bisa memberikan upaya terbaik dalam mencapai impian mereka. Mereka akan dihantui oleh rasa cemas, takut dan perasaan-perasaan negatif lainya yang membuat mereka sulit mencapai apa yang mereka inginkan dalam hidup.

9. Mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Mereka (orang sukses) percaya bahwa apa yang mereka capai dalam hidupnya bukanlah hasil dari jerih payah, upaya dan usaha mereka sendiri. Mereka mempercayai bahwa ada satu peran penting dalam hidup mereka yang bisa membuat mereka bisa mencapai apa yang mereka dapatkan saat ini.
Sang Hidup atau kita sering dengar dengan sebutan Tuhan dan Allah. Mereka mempercayai apa pun yang mereka lakukan adalah bagaian dari campur tangan Tuhan dalam meraih kesuksesan mereka. Saat melakukan kiat-kiat untuk mencapai impian, mereka melibatkan Tuhan dalam proses perjuang mereka. Hal yang tampak yang mereka lakukan adalah dengan doa dan melakukan semua perintah yang dilakukan oleh ajaran agama mereka.

Bagaimana bila Anda belum memiliki semua karakter yang sudah di tuliskan dalam artikel di atas. Kalau begitu, Anda sudah sangat beruntung karena sudah membaca tulisan ini. Karena itu akan membantu Anda mengembangkan karakter yang Anda harus miliki untuk mencapai kesuksesan Anda.

Pertama, Anda sudah mengetahui karakter apa yang belum Anda miliki (kembangkan) dengan sangat baik. Jadi Anda sudah tahu di mana kelemahan Anda. Kedua, Anda perlu mencari solusi bagaimana meningkatkan diri Anda sehingga bisa mengembangkan karakter yang dibutuhkan untuk sukses. Yang terakhir, Anda perlu melakukan usaha untuk mengembangkan karakter tersebut setelah Anda mengetahui kekurangan Anda dengan melakukan kiat-kiat khusus.


0 Komentar untuk "Mau Menjadi Orang Sukses ? Ini Cara, Kiat Dan Rahasianya !"

Back To Top