Monday 23 January 2017

Cara Rahasia Mendidik Anak Menjadi Hafidz (Menghafal al Quran) Sejak Dini

Memiliki Anak yang hafal al Quran adalah dambaan setiap orang tua. Karena, Ia akan manjadi Syafi’ (orang yang memberi syafaat) bagi orang tuanya kelak di hari kiamat. Sebagaimana yang sudah dijelaskan Rasulullah SAW.
لحامل القرآن إذا عمل به فأحل حلاله وحرم حرامه يشفع فى عشرة من أهل بيته يوم القيامة كلهم قد وجبت لهم النار
جامع الأحاديث - (ج 17 / ص 347)
Artinya: “Apabila seorang penghafal al Quran mengamalkannya (al Quran), menghalalkan barang halal dan mengharamkan barang haram, maka Kelak di hari kiamat Ia dapat memberi syafaat kepada 10 anggota keluarganya yang telah divonis masuk neraka”.
Dari hadits ini, kita akan termotivasi untuk mendidik dan mengarahkan Anak-anak kita untuk menghafal al Quran. Atau mungkin hati kita yang tergugah untuk menghafalkannya sendiri. Selagi kita bisa, ngapain nunggu anak-anak kita.
Pada dasarnya, tidak ada kata terlambat untuk menghafal al Qur’an. Sebab, al Quran tidak mengenal umur. Ia akan tetap bisa dibaca dan di hafal oleh setiap orang. Entah itu, Kecil, muda dan dewasa. selain itu, al Quran juga bukan hanya untuk orang-orang cerdas dan orang-orang berdarah biru (putra-putra Kiai). Asalkan Ia memiliki kemauan , tekad dan keistiqomahan yang mapan, ia akan mampu menghafal al qura bil Ghaib (tanpa melihat). Entah itu anaknya petani, pedagang, ustadz, bahkan buruh sekalipun.
Kami yakin, di sini, pembaca adalah orang-orang yang ingin sekali memiliki anak yang hebat, anak yang bisa membaca al quran tanpa melihat (Hafal) sejak dini. Namun, mungkin masih bingung tentang metode dan cara yang paling efektif agar anak kita mampu menghafal al quran dengan sempurna.
Cara Rahasia Mendidik Anak Menjadi Hafidz (Menghafal al Quran) Sejak Dini

Di sini, kami akan ulas trik mudah mendidik anak untuk menghafal al Quran sejak dini sesuai dengan pengalaman kami dan teman kami. Memang, Cara ini sangat sederhana, dan mungkin terbilang biasa. Namun, jika Anda benar-benar menerapkannya, Insya Allah keinginan Anda untuk memiliki anak yang hafal al Quran akan tercapai. Kuncinya cuma 3, yaitu, sabar, semangat dan istiqamah.
Berikut ini adalah cara mendidik anak untuk mengahafa al Quran sejak dini yang kami maksud:
A. Untuk Bayi yang berumur kisaran 0-2 tahun
           1-Bacakan Al Qur'an dari surat Al fatihah
           2-Tiap hari 4 kali waktu (pagi, siang, sore, malam)
           3-Tiap 1 waktu satu surat diulang 3x
           4-Setelah hari ke-5 ganti surat An Naas dengan metode yang sama
           5-Tiap 1 waktu surat yg lain-lain diulang 1x2
B. Untuk Anak umur Di atas 2 tahun
           1-Metode sama denga teknik pengajaran bayi.
Jika kemampuan mengucapkan         kurang, maka tambah waktu menghafalnya, mis dari 5 hari menjadi 7 hari
           2-Sering dengarkan murattal
3.
Untuk Anak umur Di atas 4 tahun
           1-Mulai atur konsentrasi dan waktu untuk menghafal serius.
           2-Ajari muraja'ah sendiri.
           3-Ajari menghafal sendiri.
           4-Sering-sering memotivasi agar semangatnya terjaga.
           5-Waktu menghafal minimal 3-4x perhari.
Demikianlah Metode dan cara mendidik anak agar hafal al quran yang bisa kami bagikan disini. Semoga kita di karunia anak-anak yang hebat, sholeh, hafal al quran yang bisa kita jadikan sebagai tambahan amal untuk menempuh jalan menuju Ilahi. Amin !

Artikel Terkait

1 komentar so far

insyallah sya akan coba.syukron atas infonya


EmoticonEmoticon