Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

Tata Cara Sholat Dhuha Ala Rasulullah SAW

Tata Cara Sholat Dhuha Ala Rasulullah SAW- Sholat dhuha adalah salah satu ajaran Islam yang telah diwariskan oleh Rasullah r.kepada kita selaku umatnya. Anjuran ini bersifat Muakkad (sangat dianjurkan). Hal ini bisa kita lihat dari hadits riwayat Muslim dari Sayyidah Aisyah betapa Rasulullah selalu menjaga sholat ini yang berbunyi:

( كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى أَرْبَعًا ، وَيَزِيدُ مَا شَاءَ اللَّهُ ) .

Artinya :"Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam shalat Dhuha sebanyak empat (rakaat), kadang beliau menambah sesuai keinginannya."

Tata Cara Sholat Dhuha Ala Rasulullah SAW

Disamping itu, sholat dhuha memiliki banyak manfaat bagi orang yang istiqomah mengerjakaannya: manfaat rohani dan jasmani. Namun, kita tidak akan membahasnya disini. Sebab, kita di anjurkan melakukan sholat dhuha bukan karena alasan itu. Tapi sebagai bentuk pengabdian kita kepada Allah SWT.yang maha perkasa, Dzat yang telah melimpah nikmat yang begit besar kepada kita.
Memang, ada banyak hadits yang menjelaskan tentang keutamaan sholat dhuha. Namun, dalam pelaksanaannya kita seyogyanya melepas tujuan-tujuan lain selain beribadah kepada Allah I. Hal ini memang berat. Sebab, ini adalah tingkatan orang-orang yang sangat dekat kepada Allah I. Tapi harus kita latih.

Tata Cara Sholat Dhuha

Masih banyak saudara-saudara kita yang belum mengerti tata cara sholat dhuha yang telah di ajarkan oleh Rasullullah r.kepada umatnya. Hal ini, mendorong kami sebagai saudara seiman untuk menjelaskan bagaimana cara mengerjakan sholat dhuha dan berapa jumlah rakaatnya sesuai dengan tuntunan Nabi SAW.
Pada dasarnya, cara mengerjakan sholat dhuha sama dengan sholat yang lain. Yaitu sholat dua rakaat kemudian salam. Mengenahi jumlahnya rakaatnya, paling sedikit dua rakaat dan paling banyak 12 rakaat. Namun, yang paling utama adalah 8 rakaat. Sedangkan waktunya dimulai sejak keluarnya matahari setinggi tombak. Kalau kita hitung dengan menit, kurang lebih 16 menit dari keluarnya matahari. Semisal, matahari keluar pada jam 06:00. Maka, waktu sholat dhuha masuk pada pukul 06:16 ( ini hanya contoh, anda hanya perlu melihat kapan matahari keluar lalu bisa mengerti waktu sholat dhuha)

Dalam tata cara sholat dhuha, tidak ada keharusan membaca surat khusus dalam setiap rakaatnya. Kita bisa memilih surat apa saja, sesuai selera. Setelah kita selesai, kita dianjurkan berdoa dengan doa sholat dhuha seperti yang telah kita kenal. Jika Anda belum tahu, Anda bisa menunggu postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat !


0 Komentar untuk "Tata Cara Sholat Dhuha Ala Rasulullah SAW"

Back To Top