Sunday 18 December 2016

Tata Cara Sholat Dhuha 2, 4, 6, 12 Rakaat Lengkap

Tata Cara Sholat Dhuha 2, 4, 6, 12 Rakaat Lengkap - Sholat dhuha adalah salah satu ajaran Islam yang telah diwariskan oleh Rasullah SAW kepada kita selaku umatnya. Anjuran ini bersifat Muakkad (sangat dianjurkan). Hal ini bisa kita lihat dari hadits riwayat Muslim dari Sayyidah Aisyah betapa Rasulullah selalu menjaga sholat ini yang berbunyi:

( كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى أَرْبَعًا ، وَيَزِيدُ مَا شَاءَ اللَّهُ ) .
Artinya :"Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam shalat Dhuha sebanyak empat (rakaat), kadang beliau menambah sesuai keinginannya."

Tata Cara Sholat Dhuha Ala Rasulullah SAW

Jumlah rakaat sholat dhuha bervariasi, dalam arti kita bisa melaksakannya dengan jumlah rakaat yang kita inginkan, asalkan masih dalam hitungan genap dan tidak lebih dari 12 rakaat. semisal 2 rakaat, 4 rakaat, 6, 8 atau bahkan 12. hanya saja, jumlah rakaat minimal untuk sampai pada level afdhol itu 4 rakaat. dan paling afdhol 8 rakaat, bukan 12 rakaat. mengapa demikian? jawabannya akan kami tulis pada kesempatan selanjutnya.

Disamping itu, sholat dhuha memiliki banyak manfaat bagi orang yang istiqomah mengerjakaannya: manfaat rohani dan jasmani. Namun, kita tidak akan membahasnya disini. Sebab, kita di anjurkan melakukan sholat dhuha bukan karena alasan itu. Tapi sebagai bentuk pengabdian kita kepada Allah SWT.yang maha perkasa, Dzat yang telah melimpah nikmat yang begit besar kepada kita.

Memang, ada banyak hadits yang menjelaskan tentang keutamaan sholat dhuha. Namun, dalam pelaksanaannya kita seyogyanya melepas tujuan-tujuan lain selain beribadah kepada Allah SWT. Hal ini memang berat. Sebab, ini adalah tingkatan orang-orang yang sangat dekat kepada Allah SWT. Tapi harus kita latih.

Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap (2, 4, 6, 8 dan 12)

Masih banyak saudara-saudara kita yang belum mengerti tata cara sholat dhuha yang telah di ajarkan oleh Rasullullah SAW. bahkan terkadang jumlah rakaat nya pun masih ada yang belum paham. Hal ini, mendorong kami sebagai saudara seiman untuk menjelaskan bagaimana cara mengerjakan sholat dhuha dan berapa jumlah rakaatnya sesuai dengan tuntunan Nabi SAW.

Pada dasarnya, cara mengerjakan sholat dhuha sama dengan sholat yang lain. Yaitu sholat dua rakaat kemudian salam. Mengenahi jumlahnya rakaatnya, paling sedikit dua rakaat dan paling banyak 12 rakaat. Namun, yang paling utama adalah 8 rakaat. Sedangkan waktunya dimulai sejak keluarnya matahari setinggi tombak. Kalau kita hitung dengan menit, kurang lebih 16 menit dari keluarnya matahari. Semisal, matahari keluar pada jam 06:00. Maka, waktu sholat dhuha masuk pada pukul 06:16 ( ini hanya contoh, anda hanya perlu melihat kapan matahari keluar lalu bisa mengerti waktu sholat dhuha)

Dalam tata cara sholat dhuha, tidak ada keharusan membaca surat khusus dalam setiap rakaatnya. Kita bisa memilih surat apa saja, sesuai selera. Setelah kita selesai, kita dianjurkan berdoa dengan doa sholat dhuha seperti yang telah kita kenal. Jika Anda belum tahu, Anda bisa menunggu postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat !


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon