Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

Kerudung Itu Bukan Jilbab. Ini Lho Perbedaannya !

Kerudung Itu Bukan Jilbab. Ini Lho Perbedaannya ! Secara bahasa jilbab diambil dari bahasa Arab Jalaba, yang berarti membawa atau menghimpun.Di berbagai penjuru dunia, jilbab memiliki nama-nama yang sangat berbeda. Di Iran, jilbab disebut Chador, di Malaysia disebut Tudung, dan di Arab dan Afrika di sebut Hijab. Hijab sudah populer atau telah dikenal oleh orang-orang sejak zaman Nabi Ibrahim As, dan bahkan sejak zaman Mesir kuno jilbab juga digunakan sebagai bentuk penghormatan bagi seseorang yang sangat dimuliakan.

Agama Islam sangat memperhatikan dalam masalah jilbab. Allah SWT membuat aturan bagi wanita untuk menggunakan jilbab agar mereka terjaga kesucian dan kemuliaannya. Ini selaras dengan salah tujuan diturunkannya syariat yaitu haddu an-nafs. Dengan aturan ini maka Allah meninggikan derajat seorang wanita dan menjauhkannya dari nafsu liar seorang laki-laki.
Kerudung Itu Bukan Jilbab. Ini Lho Perbedaannya !

Adapun makna jilbab yang sesungguhnya adalah sebagaimana firman Allah Swt. “Hai Nabi, katakanlah pada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agarmereka mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak akan diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
Bedasarkan ayat tersebut, Imam Alusyi mendefinisikan jilbab itu adalah kain yang menutupi seluruh tubuh, mulai dari atas hingga bawah. Di Indonesia, jilbab identik dengan sebutan kerudung, padahal kerudung itu bukanlah jilbab. Kerudung di dalam al-Quran disebut dengan Khumur, hal ini sesuai dengan firman Allah yang artinya, “…. Dan hendaknya mereka menutupi kain kudung ke dadanya….” (An-Nur: 31).

Adapun makna dari kerudung adalah kain yang menutupi kepala, terutama rambut, telinga dan leher. Dengan demikian kerudung yang sering disebut-sebut oleh orang Indonesia ini bukanlah jilbab. Karena jilbab adalah busana yang biasa dipakai oleh wanita muslimah yang berupa terusan panjang yang menutupi seluruh bentuk tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan.


Ini adalah makna jilbab sesungguhnya. Sekali lagi jilbab itu bukan kerudung! Kerudung itu hanya bagian kecil dari jilbab. Jadi bila ada seorang wanita mengaku menggunakan jilbab akan tetapi dia menampakkan bentuk tubuhnya, lehernya kelihatan, maka sesungguhnya dia bukan memakai jilbab, ia hanya menggunakan kerudung.

Oleh: Oreng Songenep O-03
Tag : Definisi
0 Komentar untuk "Kerudung Itu Bukan Jilbab. Ini Lho Perbedaannya !"

Back To Top