Thursday 22 December 2016

Bacaan Doa Sujud Tilawah / Sujud Sajadah Di Dalam Atau Di Luar Sholat

Tags

Bacaan Doa Sujud Tilawah / Sujud Sajadah Di Dalam Atau Di Luar Sholat- Sujud Tilawah adalah sujud yang dilakukan karena membaca atau mendengar ayat sajadah, baik di dalam sholat atau di luar sholat.  Melakukannya bukan sebuah kewajiban, tapi kesunnahan, yakni sunnah muakkad.  Di dalam al-Qur-an terdapat 10 ayat sajadah (yang disepakati ulama). Berikut daftar ayat-ayat sajdah dalam al-Quran:

1. Quran Surat Al-A'raf ayat 206
2. QS Al-Ra'd ayat 15
3. QS An-Nahl ayat 49
4. QS Al-Isra’ ayat 107
5. QS Maryam ayat 58
6. QS Al-Hajj ayat 18
7. QS An-Naml ayat 25
8. QS As-Sajadah ayat 15
9. QS Al-Furqan ayat 60
10. QS Fussilat ayat 38
11. QS Al-Hajj ayat 77
12. QS An-Najm ayat 62
13. QS Al-Insyiqaq ayat 21
14. QS Al-‘Alaq ayat 19
15. QS Shad ayat 28
Bacaan Doa Sujud Tilawah / Sujud Sajadah Di Dalam Atau Di Luar Sholat

Bacaan sujud tilawah atau sujud sajadah tergolong pendek dan mudah. Anda bisa membaca doa seperti bacaan doa sujud biasa ( subhana rabbiyak a’laa wabihamdihi 3X ) ata membaca doa di bawah ini:
اللهم لك سجدت وبك امنت ولك اسلمت سجد وجهي للذي خلقه وصوره وشق سمعه وبصره بحوله وقوته فتبارك الله
 احسن الخالقين
Artinya: Allahumma laka sajadtu, wabika aamantu, walaka aslamtu. Sajada wajhiya lilladzii kholaqohuu washowwarohuu wasyaqqo sam’ahuu wabashorohuu bihaulihii waquwwatih. Fatabaarokalloohu ahsanul khooliqiin.

Artinya: Ya Allah, hanya untuk MU  aku bersujud, hanya kepada-Mu  aku beriman, dan hanya kepada-Mu aku berserah diri. Aku sujudkan wajahku kepada Dzat Yang Menciptakan dan Membentuk rupa serta memecahkan (memberikan) pendengaran dan penglihatan dengan daya dan kekuatan-Nya. Maha Suci Allah, sebaik-baik Pencipta.

Disamping itu, kita juga disunnah membaca doa berikut ini:

اللهم اكتب لي بها عندك أجراً ، وضع عني بها وزراً ، وتقبَّلها مني كما تقبَّلتها من عبدك داود عليه السلام

Allahumma uktubli bihaa ‘indaka ajran, wa dho’ ‘anni biha wazran, wa taqabbalha minni kama taqabbaltaha min abdika daud alaihis salam.

Demikian artikel tentang bacaan doa sujud tilawah / sujud sajadah yang telah kami lengkapai dengan bahasa latin plus artinya. Semoga bermanfaat!.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon