Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Niat Puasa Tasu'a Dan Asyura ( 9 dan 10 Muharram )

Niat Puasa Tasu'a Dan Asyura ( 9 dan 10 Muharram )

Niat Puasa Tasu'a Dan Asyura ( 9 dan 10 Muharram )


Bulan Muharram 2016 M/1437 H. kini berada di hadapan mata, suatu bulan dimana kita di sunnahkan berpuasa , yaitu puasa tasu’a ( 9 muharram) dan asyura ( 10 Muharram ). Kedua puasa sunnah ini memiliki keutamaan, fadhilah serta pahala yang sangat besar di antaranya adalah dapat menghapus dosa-dosa selama satu tahun kebelakang.

Hukum Puasa di bulan muharram ini ( ‘asyura dan tasua ) tidak sampai pada level wajib,Melainkan sunah.Kecuali apabila ia pernah bernadzar untuk berpuasa asyura atau tasu’a.

Puasa di bulan Muharram ini khususnya tanggal 9 dan 10  sangat di anjurkan oleh nabi Muhammad r, bahkan beliau pernah besabda “ apabila usia ku sampai pada tahun depan, maka aku akan berpuasa pada hari ke 9 (muharram ) “ hal ini menunjukkan betapa inginnya Rosululloh r berpuasa pada hari tersebut. Disamping itu ada hadis lain yang berbunyi “puasa yang paling utama setelah bulan ramadhan adalah bulam allah nuharam, dan sementara sholat yang utama setelah sholat wajib adalah sholat malam. (HR Muslim).

                                               

Namun demikian, masih banyak saudara-saudara kita yang seiman tidak tahu bagaimana bacaan lafadz niat puasa Asyura dan tasu’a yang benar. Sebenarnya persoalan niat tidak perlu dipersulit sebab hakikat niat itu itu sendiri adalah keinginan yang bersamaan dengan pekerjaannya, bukan lafadz yang di baca itu. Tetapi agar hati kita tambah mantap maka di sunnahkanlah membaca niat.


Bacaan Niat Puasa Tasu’a 9 Muharram

نَوَيْتُ صَوْم تَاسُعَاء سُنَّة لله تَعَالى

NAWAITU SAUMA TASU'A SUNNATAL LILLAHI TA'ALA

Artinya : Saya niat puasa Tasu'a,sunah karena All
ah ta’âlâ

Bacaan Niat Puasa Asyuro 10 Muharram


نويت صوم عشوراء سنة لله تعالى


NAWAITU SAUMA 'ASYURA LILLAHI TA'ALA

Artinya : “ Saya niat puasa hari ’Asyura , sunnah karena Allah ta’ala.”

Demikianlah artikel singkat mengenahi niat puasa tasua (9 muharram ) dan Asyura (10 Muharram ) yang bisa kami bagikan disini. Semoga bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa.
Tag : Fikih, Puasa
2 Komentar untuk "Niat Puasa Tasu'a Dan Asyura ( 9 dan 10 Muharram )"

Back To Top