Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

Hari Tasyrik Itu Apa ? Disini Jawabannya !

Hari Tasyrik Itu Apa ? 


Banyak teman-teman yang bertanya kepada kamiHari tasyrik itu apa?  dari sini menenujukkan ternyata masih banyak orang islam  yang tidak mengerti pengertian hari tasyrik itu sendiri. simplenya hari tersebut adalah tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah.

Rasulullah SAW pernah bersabda “
أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ
Hari-hari tasyrik adalah hari makan dan minum.” (HR. Imam Muslim no. 1141)

Di dalam kitab iqna’ di sebutkan bahwa Hari tasyrik adalah tiga hari sesudah Idul Adha (hari nahr). Hal iini juga disebutkan oleh Imam Nawawi R.a, beliau   berkata, “Hari tasyrik adalah tiga hari setelah Idul Adha,yaitu setiap tanggal 11, 12, 13 bulan Dzulhijjah.

                                      Hari Tasyrik Itu Apa ?
Di dalam kitab syarh Shohih Muslim dijelaskan  “ penamaan hari tasyrik karena tasyrik itu berarti  menjemur daging qurban di terik matahari. Dalam hadis juga  disebutkan, hari tasyrik adalah hari untuk memperbanyak dzikir kepada Allah yaitu takbir dan lainnya.”

Kenapa hari tasyrik diharamkan berpuasa?


Untuk menjawab pertanyaan di atas , kita harus  melihat sabda nabi bahwa hari tersebut adalah hari makan dan minum, Kalau hari tasyrik tersebut merupakan hari makan dan minum berarti ketika itu tidak dibolehkan ata haram untuk berpuasa apa pun di hari-hari tersebut (11, 12, 13 Dzulhijjah).


Tag : Definisi
0 Komentar untuk "Hari Tasyrik Itu Apa ? Disini Jawabannya !"

Back To Top