Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Cara Menghafal al Quran Sendiri ( Tidak Mudah Lupa ).Terbukti !

Cara Menghafal al Quran Sendiri (Tidak Mudah Lupa).Terbukti !

Al-Quran adalah kalamullah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW yang mengandung I’jaz ( mukjizat ) serta sampai kepada kita secara mutawatir. Al-quran telah di jamin oleh Allah tentang keutuhannya. Al-Quran yang kita baca sekarang adalah al-Quran yang dulu turunkan kepada nabi Muhammad SAW, tak ada satu ayat bahkan surat pun yang tertinggal. Sebab ia telah dijaga utuh oleh Allah SWT. Sesuai Firman-NYA

انا نحن نزلنا الذكر وانا له لحافظون                                      
“ Sesungguhnya kami ( Allah ) yang telah menurunkan al-Quran dan kami pula yang akan menjaganya “

Merupakan suatu kebanggaan jika kita mampu menghafal dan memahami ayat demi ayat, surat demi surat yang terdapat dalam al-Quran ( 30 juz ) dengan baik dan benar. Banyak sekali umat islam yang memiliki keinginan kuat untuk menghafalkannya, sebab memang banyak sekali faidah dan keutamaan bagi penghafal al-Quran yang di sebut dalam hadis. namun keinginan tersebut seringkali kandas di tengah jalan hanya karena tidak tahu bagaimana cara mengahafalkan al-Quran.

Banyak sekali metode cepat hafal al Quran yang telah di tawarkan oleh lembaga-lembaga Tahfidz. Semisal hafal al Quran dalam 1 tahun bahkan hanya 40 hari. Namun hal itu tidak mengurangi sedikitpun keinginan kami untuk menulis artikel ini, sebab kami disini hanya berbagi cara dan pengalaman kami dalam menghafal al Quran. Tanpa basa basi , Langsung saja simak berikut ini;


                        Cara Mudah Dan Cepat Menghafal al Quran 30 Juz.Terbukti !

1-Perbaiki Niat

Niat merupakan hal yang pokok dalam segala macam  amal perbuatan khususnya dalam menghafalkan al Quran, sebab Nabi Muhammad SAW telah bersabda
انما الاعمال بالنيات الخ                                               
Artinya ” Segala sesuatu itu tergantung niatnya “

2- Kuatkan Tekad

Tekad atau keinginan merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan hafalan al-Quran, tanpa tekad yang kuat, seorang penghafal akan mudah putus asa , sebab kesemangatan itu naik turun, sekarang kita semangat namun besok belum tentu, oleh karena itu tekad yang kuat sangat dibutuhkan.

3-Membaca berulang-ulang

Al Quran butuh ditakror ( dibaca berulang-ulang). Ia tidak boleh dibiarkan begitu saja, harus diikat dengan ikatan yang sangat kuat. Sebab dalam sebuah keterangan dijelaskan bahwa al Quran itu mudah di hafal, namun mudah hilang. Oleh karena itu, kita harus mengikatnya dengan sekuat mungkin dengan cara membacanya berulang-ulanng. Bahkan Habib Umar bin Hafidz ketika menjelaskan metode menghafal al quran yang baik dan benar ialah dengan mengulang-ngulangi bacaannya ( nakror ) sebanyak 25 kali setelah ia bisa hafal dengan lancar, dan hal itu akan memperkuat hafalan kita.



4-Takror Silang

Langkah ini juga sangat penting. Sebab dengan metode takror silang kita bisa  mengetahui kekurangan-kekurangan huruf dan ayat dalam hafalan kita.

5-Istqomah

Istiqomah merupakan suatu hal yang sangat sulit di kerjakan namun masih bisa diusahakan. Tanpa keistiqamahan yang mapan, hafalan yang kita peroleh sangat rawan hilang. Karena itu, ketika kita siap untuk mengahafal al Quran, berarti kita juga siap untuk mengaji seumur hidup kita.

6-Berdoa

Dalam mengahafal al Quran, kita tidak bisa mengandalkan kekuatan dlohir kita, namun kita juga butuh pertolongan dari Allah SWT supaya kita selalu diberi kesehatan dan semangat serta bisa menjadi penghafal al Quran yang baik dan lancar. Terutama jagalah sholat lima waktu dan perbanyak dzikir.




1 Komentar untuk "Cara Menghafal al Quran Sendiri ( Tidak Mudah Lupa ).Terbukti !"

Back To Top