Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Dan Tata Caranya Lengkap

Bacaan Niat Sholat Idul fitri Dan Cara-Caranya-Tanpa terasat kita akan memasuki hari raya idu fitri di mana pada hari itu kita di sunnahkan untuk melaksanakan sholat ied, sholat hari raya idul fitri hukumnya sunnah muakkad ( sangat di anjurka ) dan di kerjakan sebanyak dua rakaant, waktu peaksaannya di mulai dari terbitnya matahari samapi bergesernya matahari dari titik tengah ( zawal al syamsyi ) namun sunnah di akhirkan hingga matahari setinggi kira-kira satu tombak (kurang lebih satu meter setengah / waktu masuknya sholat dhuha ), hal ini bertujuan  untuk memberi kesempatan pada orang islam yang belum mengeluarkan zakat fitrah.

Niat dan Cara melaksanakan sholat idul fitri tidak sama dengan sholat idul adha yang di sunnahkan untuk di lakukan lebih awal dari waktu pelaksaan sholat idul fitri, dengan tujuan agar penyembeihan hewan kurban bisa di lakukan lebih awal.

Sebelum pelaksanaan sholat hari raya idul fitri ( ied ) tidak di sunnahkan mengumandangkan adzan dan iqomah bahkan cukup denganpanggilan  “ assholatu jaami’ah “ sebab sholat idain sunnah di kerjakan dengan berjemaah, setelah itu di lanjutkan dengan membaca khutbah dua . ada beberapa hal yang terkait dengan cara mengerjakan sholat idu fitri, seperti niat sholat idul fitri dan bacaan-bacaannya, untuk lebih lengkapnya silahkan simak berikut ini:kami urut mulai dari pertama:

Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Dan Tata Caranya Lengkap

1-niat sholat idul fitri

                                    اصلي سنة لعيد الفطر ركعتين مأموما  / اماما لله تعالى

"usholli sunnatan li 'iidi fitri rok'ataini makmumam / imaman lillahi ta'ala"

2-pada waktu rakaat pertama  setelah membaca doa iftitah dan sebelum membaca ta’audz ( audzubillahi ) di sunnahkan takbir tujuh kali selain takbirotul ihram dan takbir rukuk. Pada waktu rakaan kedua sebelum membaca ta’audz dan surat al fatihah di sunnahkan takbir 5 kali selain takbir intiqal ( takbir pindah ) ketika berdiri dari rakaat pertama.

3-tetap di sunnahkan mengangkat kedua tangan lurus dengan bahu pada tiap tiap takbir , sunnah pula meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri dan meletakkan keduanya di bawah dada dan setiap selesai bertakbir

4-bagi imam makruh melakukan sholat sunnah  sebelum pelaksanaan idu fitri

5-imam dan makmum sama-sama mengeraskan bacaan takbir

6-di setiap takbir membaca tasbih di bawah ini:

                                             سبحا ن الله والحمد لله ولا اله الا والله اكبر  

 subanallahu wal hamdulillahi wa laa ilaaha illallohu wallohu akbar

7-pada rakaat pertama setelah mebaca surat al fatihah di sunnahkan membaca surat al ‘alaq dan pada rakaat setelah membaca surat al fatihah di sunnahkan membaca surat al ghosyiah.

8-imam mengeraskan bacaannya saat membaca surat al fatiha dan ayat al quran

9-di sunnahkan khutabh 2 kali setelah melaksanakan sholat id sebabagaimana dua khutbah sholet jumat baik rukun atau sunnah-sunnahnya

10-khutbah pertama sunnah di mulai denganmembaca takbir sebanyak sembilan (9 ) kali sedangkan dalam khutbab kedua di mulai dengan takbir tujuh (7) kali secara terus menerus (muatawali ) dan satu persatu( afrad) takbir ini tidak termasuk bagian dalam khutbah


11-dalam khutbah hari raya idul fitri hendaknya khotib menyampaikan  hukum zakat fitrah , sedangkan dalam khutbah hari raya idul adha mnenyampaikan tentang kurban.

Demikianlah Artikel tentang Niat Sholat Idul Fitri Dan Tata Caranya Lengkap yang bisa kami share pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat
Tag : Fikih, Sholat
0 Komentar untuk "Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Dan Tata Caranya Lengkap"

Back To Top