Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

Pengertian Dan Hikmah ( Manfaat ) Zakat Fitrah


Pengertian Dan Hikmah Zakat Fitrah


Pada postingan sebelumnya kita telah mempelajari tentang pengertian zakat secara umum baik itu zakat mal,zakat profesi, zakat fitrah dan zakat yang lain, nah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengkerucutkan pembahasan tersebut dengan mengangkat tema pengertian zakat fitrah, tidak hanya itu kami juga akan menyisipkan penjelasan seputar hikmah di balik zakat fitrah. Sebab mungkin di antara teman kita  masih ada yang belum mengerti apa itu zakat fitrah ?, dan mengapa ia di syari’atkan?

Menurut ibnu qudamah yang di maksud zakat fitrah adalah zakat nafs ( zakat jiwa ), nama ini di ambil dari kata fitrah yang berarti asal kejadian, oleh karena itu, zakat ini menjadi media sebagai pembersih jiwa dari segala kekhiafan yang telah kita lakukan selama satu tahun ini. Hal ini tidak jauh beda dengan zakat mal yang merupakan media pembersih mal ( harta).

pengertian dan hikmah (manfaat ) zakat fitrah

Hikmah Zakat Fitrah


Allah SWT tidak pernah mewajibkan suatu yang ibadah yang sia-sia tanpa hikmah yang tersembunyi yang tidak semua orang mengetahuinya, termasuk zakat fitrah. Di dalam agama islam kewajiban zakat fitrah  mengandung banyak hikmah (manfaat ) dan pelajaran yang  bisa kita petik dan menjadi pencerahan bagi kita semua sehingga kita menyadari tentang keagungan Allah SWT. Berikut ini adalah hikmah atau manfaat di balik zakat fitrah:

1-Menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap fakir miskin, dalam artian sangat di harapkan zakat yang telah di alokasikan untuk mereka dapat mencukupi kebutuhannya nanti di hari raya idul fitri  dan dapat bersuka ria seperti orang lain pada umumnya.

2-Zakat fitrah menjadi media pembersih jiwa  bagi muzakki ( orang yang membayar zakat ) dari segala kesalahan dan kekhilafan yang telah ia lakukan saat berpuasa. Hal ini pernah di tegaskan oleh Rosululloh SAW dala hadis nya, dari ibnu abbas R.A yang di riwayatkan imam ahmad “ zakat fitrah adalah pembersih bagi orang yang berpuasa dari berbagai macam hal yang tidak bermanfaat perkataan jorok dan kotor ( rafast )dan juga sebagai hidangan bagi kaum miskim”

Demikianlah artikel tentang pengertian dan hikmah (manfaat ) zakat fitrah yang bisa di share pada kesempatan kali inidengan penuh harap semoga bisa memberikan manfaat bagi penulis khusunya  serta bagi para pembaca umumnya.amin ya robbal alamin

Tag : Fikih, Zakat
0 Komentar untuk "Pengertian Dan Hikmah ( Manfaat ) Zakat Fitrah"

Back To Top