Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Pengertian Bank Syariah Dan Sejarah Bank Syariah


Pengertian Bank Syariah Dan Sejarah Bank Syariah


Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa bank syariah adalah suatu bank yang di dalam mejalankan operasinya menggunakan hukum syariah dengan memanfaatkan ilmu fikih,secara medasar  bank syariah memiliki fungsi yang sama dengan bank konvensional yaitu dari segi sebagai tempat memnyimpan uang, meminjam uang, dan beberapa jasa keuangan lainnya, hanya saja bentuk kesepakan, produk, sistem operasi dalam menjalankannya yang berbeda.

Konsep dalam bank syariah memakai prinsip2 yang bernuasa  islami dari sisi operasionalnya, gambarannya dengan menggunakan prinsip prinsip ta’awun yang menerapkan sistem saling membantu ( tolong menolong ) dan bekerja sama antar anggota masyarakat dalam kebaikan dan juga menggunakan prinsip menghindari ikhtina , seperti membiarkan uang  fakum alias nganggur dan tidak berputar dalam transaksi yang bermanfaat bagi msyarakat umum.


Pengertian Bank Syariah Dan Sejarah Bank Syariah

Di dalam opersaionalnya ,Bank syariah tidak menerapkan hal hal yang melanggar hukum islam seperti gharar, riba maisir dan lain sebagainya. Ia tetap berpegang teguh pada kaidah kaidah fikih khusunya dalam bidang muamalah. Banyak konsep yang di tawarkan dalam operasional bank syariah di antaranya adalah wadiah alias titipan, yaitu sebuah akad ( transaksi  ) yang menuntut adanya penjagaan orang yang di titipi terhadap barang titipan, begitulah imam syafi’i menjelaskan definisi wadiah.

Konsep wadiah dalam bank syariah di perinci menjadi dua bagian, pertama : wadiah yad amanah kedua : wadiah yad dhamanah. 2 macam wadiah ini memiliki pengertian dan pemahaman yang berbeda yang tidak bisa kami jelaskan lewat artikel ini, sebab tujuan utama artikel ini adalah mencoba memaparkan pengertian bank syariah. Bukan memahami konsep wadiah, namun insyaAllah jika masih di beri umur panjang kami akan sediki mencoba menjelaskan apa itu wadiah yad amanah dan apa itu wadiah yad dhamanah.

Sejarah bank syariah


Bank syariah pada mulanya di bentuk oleh majelis ulama indonesia pada tahun 1990 an yang di kemas dengan prinsip-prinsip islami yang mengacu pada menjaga dari adanya menguntungkan satu pihak serta merugikan pihak lain. 

Demikian ulasan tentan pengertian bank syariah dan sejarah bank syariah yang bisa kami paparkan lewat artikel singkat ini, semoga ( meskipun singkat dan simple ) bisa memberi manfaat kepada saya pribadi dan kepada segenap para pembaca sekalin, sehingga kita bisa menjadi orang yang mengerti dan faham apa itu bank syariah?! Amin ya robbal alamin, wallhu a’alam. Jika ada bagian yang tidak di faham,atau ingin memperjelas ,silahkan tinggalkan komentar sopan di bawah ini..



                                                                                                                                                              

Tag : Definisi
0 Komentar untuk "Pengertian Bank Syariah Dan Sejarah Bank Syariah "

Back To Top