Saturday 13 June 2015

Imam Ghazali Sang Hujjatul Islam

Tags

Imam Ghazali Sang Hujjatul Islam


Assalamu alaikum wr.wb, pada kesempatan kali ini najapedia akan sedikit berbagi setetes ilmu tentang biogrfi imam ghazali yang terkenal dengan gelar hujjatul islam di kalangan kita, demi menyingkat waktu ,silhkan simak berikut ini:

Biografi imam ghazali

Nama lengkap imam ghazali adalah al imam zainuddin abu hamid muhmmd bin Muhammad bin muhmmd al ghazali ath thusi,imam gazhali bergelar hujjatul islam , pakar dalam bidng fikih,tasawuf, teolofi, ushukl fiqih, filsafat dan lain lain. Imam ghazali di lhirkn di kota thus, sebuah daerah di kot khurasan pd tahun 450 H/1058 M. beliau di kenal dengan al ghazali di sebabkan ayahnya bekerja sebagai pemintal tenun wol, atau Karen bliu berasal dari desa ghazalah. Lingkungn keluarga beliau sangat agamis dan menjalani kehidupan sufi.

Petulangan ilmiah imam ghazali di mulai sejak beliau menimba ilmu di daerahnya kepada al imam ahmad bin Muhammad ar radzikani ath thusi. Setelah dirasa cukup , beliau mlnjutkan ke jurjan dan memasuki perkuliahan yang di asuh oleh al imam abu nashr al ismaili dengan mata pelajaran yang meliputi semua studi agama dan bahasa.

Imam Ghazali, imam ghozali, biografi


Setelah tamat, imam al ghazali kembali ke thus dan mengkaji ulang semua yang telah di pelajarinya sambil belajr tasawuf kepada syekh yusuf an nassaj.  Setelah tiga tahun di thus, beliau berangkat kembali melanjutkan pendidikannya di nisapur, mengikuti perkuliahan di universitas nizamiyah yang di asuh oleh imam al haramain al juwaini, dalam beberapa mata pelajaran keislman seperti fikih , ushul fikih, dialektita , teologi dan logika. Di nisapur, beliau juga melanjutkn peljaran tasawufnya kepada syekh abu ali al fadhl bin Muhammad bin ali al-farmadzi. Disamping belajar, aktivitas imam ghazali juga di isi dengan mengajar,menulis dalam ilmu fikih dan ushul fikih.

Setelah imam al haramain wafat dan pelajaran tasawuf sudah di kuasainya, imam ghazali pindah ke mu’askar mengikuti berbagai forum diskusi dan perdebtan di kalangan para ulama dan intelektual. Beliau berada di situ dengan reputasi, prestasi dan kecermelangan yang menjulang tinggi dan mengatarnya ke kursi  guru besar di universitas nizamiyah


Demikianlah artikel tentang biografi imam ghazali sang hujjatul islam yang bisa kami share pada kesempatan kali ini, semoga kita semua bisa meniru amal amal beliau dan bisa mendapakatkan berkah sehingga kita bisa mendapat ilmu dan menjadi penerus beliau, amin ya robbal alamin

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon