Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Cara,Niat Dan Bacaan Doa sholat janazah

Cara,Niat Dan Bacaan Doa sholat janazah


Sholat janazah adalah salah satu shalat yang di kerjakan ketika ada orang yang meninggal dunia, sholat ini hukum nya fardhu kifayah yaitu sebuh fardhu ( kewajiban ) yang apabila hanaya ada satu orang di desa itu mengerjakannya maka gugur semua kewajiban orang lain. Namun bila di tempat itu hanya ada satu orang di tempat itu, maka hukumnya fardhu ‘ain bagi orang itu.

Pada dasarnya cara mengerjakan sholat janazah sangatlah mudah sebab  iatidak sama dengan shalat yang lain , yaitu tidak usah rukuk, I’tidal sujud dan lain sebagainya. Sholat janazah ini cukup dengan takbir sebanyak 4 kali tanpa rukuk dan sujud. Langsung melakukan salam. Adapun cara mengrjakan sholat janazah sebagai berikut:

Cara sholat janazah.


  •   Niat dalam hati adapun niatnya sebagai berikut:
" Usholli 'ala hadzal mayyiti arba'a takbirotin fardho kifayatin makmuman lillahi ta'ala"
atau jika anda menjadi makmum dan tidak mau repot atau karena takut salah dengan niat yang anda ucapkan, apakah untuk mayyit laki-laki atau perempuan maka bacalah niat berikut ini:
" usholli 'ala man sholla 'alaihi imamu arba'a takbrotin fardho kifayatin makmuman lillahi ta'ala"
artinya: saya niat shalat untuk orang yang di sholati imam dengan 4 takbir ,fardhu kifayah, menjadi makmum karena Allah ta'ala"
  • lalu melakukan takbirrotul ihram sebanyak 4 kali.
  •  Membaca surat al fatihah setelah takbir yang pertama dengan suara lirih ( tidak keras ), sekalipun dimalam hari. Dalam shaoat janazah ini tidak di anjurkan membaca doa iftitah dan surah setelah baca al fatihah, namun apabila seorang makmum selesai lebih dulu , maka dia di sunnah kan membaca al fatihah.
  •  Membaca sholawat kepada nabi setelah takbir yang ke dua, paling sedikitnya sholawat membaca “ allahumma sholli ‘ala muhammad wa ‘ala ali sayyidina muhammad “ sedangkan apabila anda ingin membaca yang lebih sempurna maka bacalah sholawat layak sholawat yang ada dalam tahiyyat akhir. Untuk lebih jelasnya saya tulkan sebagai berikut:

Cara,Niat Dan Bacaan Doa sholat janazah

  •  Membaca doa untuk mayat setelah takbir yang ke tiga, mendoakan mayat dalam sholat jenazah merupakan bagian paling penting yng harus di kerjakan, adapun pendeknya doa untuk mayat adalah sebgai berikut:
" Allhumma La tahrimna ajrohu wala taftinnah ba'dahu"
  •  Salam setelah takbir yang ke 4 , bentuk salam dalam sholat janazah sama persis dengan salam yang ada dalam sholat fardhu, hanya saja di anjurkan di tambah lafadz “wabaraktuh” di akhirnya. Namun perlu di ketahui , sebelum melakukan salam hendaknya ( sunnah ) membaca doa sebgai sebagai berikut:
Cara,Niat Dan Bacaan Doa sholat janazah


Demikianlah artikel tentang cara,niat dan bacaan doa sholat janazah yang bisa di share pada kesempatan kali ini, semoga bisa memberi manfaat kepada kita semua, amin ya mujibassailin.



Tag : Fikih, Sholat
0 Komentar untuk "Cara,Niat Dan Bacaan Doa sholat janazah"

Back To Top