Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Cara Mendidik Anak Yang Baik Ala Lukman Al Hakim

Cara Mendidik Anak Yang Baik Ala Lukman Al Hakim


Anak adalah titipah Allah SWT kepada kita semua , oleh karena itu jagalah anak-anak yang telah di titipkan kepada kita oleh  Allah SWT tersebut, jangan sampai kita menelentarkankannya, sebab ia adalah amanah yang harus di jaga layaknya barang titipan. bagaimana barang titipan? Orang yang di titipi suatu barang ia harus menjaganya dengan baik dan jika ada kerusakan karena kecerobohannya, maka ia wajib mengganti barang titipan tersebut kepada pemilik aslinya, imam al gazali pun ketika betanya kepada para muridnya tentang suatu apa yang paling berat, mereka menjawab besi, baja dll .lantas beliau imam al gazali menjawab “ jawaban kalian benar “, namun yang paling benar adalah amanah, Beitulah gamabaran betapa sulit dan beratnya menjaga amanah.

Nah, karena anak adalah titipan, maka tugas kita sebagai orang yang di titipi adalah menjaganya dengan baik, menanamkan perangai yang terpuji , mendidik dan  mengarahkannya pada hal-hal yang baik dan menjauhkannya dari hal-hal buruk. Dan semua itu membutuhkan cara-cara khusus agar apa yang kita maksud dapat berjalan dengan sesuai harapan, nah, dalam hal ini ada sosok seorang yang sukses dalam mendidik anak-anaknya,hingga namanya di abadikan di dalam kitab suci al qur’an beliau adalah lukman al hakim. Perlulah kita belajar kepada beliau tentang bagaimana cara mendidik anak dengan baik, sehingga mereka nanti bisa menjadi anak yang berbakti kepada orang tua dan bisa menjadi anak yang sholeh sholeha.

Cara Mendidik Anak Yang Baik Ala Lukman Al Hakim

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba sedikit mengurai tentang bagaimana cara sosok lukman al hakim dalam mendidik anak-anaknya dengan baik seperti yang di jelaskan di dalam al quran. Namun sebelum kita ke pokok pembahasan , saya ingin bertanya terlebih dahulu kepada para pembaca sekalian ‘’ apakah anda sudah tahu Cara Mendidik Anak Yang Baik Ala Lukman Al Hakim ? ‘’, jika belum, silahkan simak penjelasan berikut ini:

Konsep dasar yang di paparkan oleh lukman al hakim dalam mendidik anak-anak kita ada 4, yang pertama ; pendidikan akidah,  mengenal Allah SWT  serta sifat-sifat nya, mulai dari sifat wajib,mustahil dan jaiz. Allah SWT  berfirman dalam suran al lukman  “ wahai anak ku, janganlah sekali kali engkau menyekutukan Allah SWT.

Kedua, menanamkan sifat menghormati kepada orang tua, dalam hal ini Allah SWT  berfirman dalam sural al lukman yang artinya “ dan kami perintahkan kepada manusia  ( untuk berbuat baik ) kepada dua orang ibu kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepada KU dan kedua ibu bapakmu, hanya kepada KU lah kembali mu

Ketiga: pendidikan moral, Allah SWT berfirman dalam surat al luqman yang artinya “ wahai anak ku, bila ada kebaikan yang engkau kerjakan, kecil ( tidak tampak oleh pandangan mata ) yang kecil itu tersembunyi  di puncak langit , di dasar bumi yang paling dalam atau di tengah batu hitam sekalipun , Allah pasti akan menegtahuinya dan pasti memberikan balasan  seadil-adilnya.
Keempat: tatanan hidup: Allah SWT berfirman dalam surat al lukman yang artinya “ wahai anak ku, dirikanlah sholat dan suruhlah ( manusia ) menegerjakan yang baik , dan cegahlah mereka dari perbuatan yang mungkar, dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa engkau. Sesungguhnya yang demikian itu termassuk hal-hal yang di wajibkan oleh Allah SWT”


Demikianlah artikel tentang Cara Mendidik Anak Yang Baik Ala Lukman Al Hakim yang bisa kami tuangkan dalam tulisan singkat ini, semoga  bisa bermanfaat bagi kita semua, amin ya robbal alamin.
0 Komentar untuk "Cara Mendidik Anak Yang Baik Ala Lukman Al Hakim"

Back To Top