Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

3 Keutamaan Bulan Ramadhan Paling Besar

3 Keutamaan Bulan Ramadhan Paling Besar


Marhaban yaa romadhon, Alhamdulillah bulan ramadhan tahun 2016 M telah menyapa kita ,semoga hal ini bisa memotivasi untuk selalu mengais dan berburu pahala di bulan yang berkah ini, bulan ramadan adalah bulan yang  sangat agung dan mulia serta bulan penuh berkah dan bulan pengampuan.

Pada tahun 2016 ini bulan ramadhan jatuh pada hari senin tanggal 6 juni. Pada postingan sebelumnya kita telah mempelajari  pengertian puasa dan syarat-syaratnya serta bacaan bilal sholat tarawih dll.nah pada kesempatan kali ini kami akan sedikit mengulas tentang keutamaan dan keistimewaan bulan ramadhan, dengan tujuan agar hati mantap dalam menyambut dan menjalankan ibadah pada bulan ramadhan ini.baiklah, demi mempersingkat waktu kita langsung ke pokok pembahasan, silahkan simak berikut ini:

3 Keutamaan Bulan Ramadhan Paling Besar

Dalil  Keuatamaan bulan ramadhan

 
keutamaan pertama-Bulan Ramadan merupakan bulan dimana kitab suci al-Quran  pertamakali diturunkan. Sesuai dengan QS. Al-Baqorah 185 yang artinya:

“Beberapa hari yang ditentukan itu adalah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan  Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil).”


Baca juga; Mendapat pahala berlimpah dengan niat berkah


Keutamaan kedua - Sebagaimana yang telah kami sebutkan di atas bahwa bulan ramadhan adalah “ bulan pengampunan  dan buah penuh berkah “  dimana pada bulan ini Allah SWT akan menghapus dosa-dosa serta menurunkan ramhmat . sebagaimana dalil hadis yang di riwayatkan oleh ubadah bin asshomit bahwa Rosulloh SAW bersabda:  telah datang kepada mu bulan ramdhan bulan keberkahan, Allah mengunjungi mu pada bulan ini dngan menurunka rohmat, menghapus dosa2 dan mengabulkan doa. Allah melihat berlomb lombanya karma pada bulan ini n membanggakan mu  pada para malaikatNya. Maka tunjukkanlah pada Allah apa2 yang baik dari diri mu. Sebab orang yang sengsara  Adalah orang yang tidak mendapatkan rohmat Allah di bulan ini

hadis ini di riwayatkan oleh imam at thobroni dan periwayat2 terpercaya. Bahkan di dalam sebagiah keterangan hadis di jelaskan bahwa para malaikat akan memintakan ampunan dosa untuk orang yang berpuasa di bulan ramadhan hingga waktu buka puasa telah tiba. Begitulah besarnya keuatamaan dan keistimewaan bulan ramadhan.

Baca juga; Bagaimana Cara menjadi kepala rumah tanggal ?

Keuatamaan kedua dan ketiga - Di dalam bulan ramadhan kita di wajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh serta pintu neraka di tutup, untuk lebih jelasnya silahkan simak dalil hadis yang di riawayatkan oleh Abu hurairah R.A “ Rosululloh S.A.W meberi berita pada sahabat-sahabatnya dengan besabda “ sudah datang kepada mu bulan romadhon, bulan yg diberkahi , Allah  mewajibkan puasa kepada mu di dalamnya, pada bulan ini pintu pintu surga di buka serta pintu pintu neraka di tutup dan setan-setan di ikat, di dalam bulan ini juga terdapat satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan, barang siapa yang tidak mendapat kebaikannya maka ia tidak mendapat apa apa”


Demikianlah artikel tentang 3 Keutamaan Bulan Ramadhan Paling Besar yang bisa di share pada kesempatan kali ini, semoga hal ini dapat memberikan semangat kepada kita untuk selalu berbuat baik mencari pahala di bulan ini, amin ya robbal alamin.
Tag : Hikmah, Puasa
0 Komentar untuk "3 Keutamaan Bulan Ramadhan Paling Besar"

Back To Top