Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

3 Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

3 Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadhan


Tanpa terasa kita sudah berada di penghujung bulan sya’ban dan akan memasuki bulan ramadhan,yaitu sebuah bulan yang sangat agung dan mulia serta memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan yang tidak di miliki oleh bulan-bulan lain. Dahulu ketika kita memasuki bulan rajab kita memanjatkan doa agar di beri keberkahan di bulan rajab dan bulan sya’ban serta di sampaikan pada bulan ramadhan, kini doa tersebut hampir menjadi kenyataan, sebab sebentar lagi kita akan memassuki bulan romadhon.

Bulan ramadhan adalah bulan suci nan mulia, sebab tidak di ragukan lagi  bahwa banyak hadist hadist shohih yang menceriitakan tentang keutamaan bulan romadhon , di antaranya , di dalam bulan tersebut terdapat satu malam yang lebih baik dan utama daripada 1000 bulan yang di kenal dengan malam lailatul qadar. Lantas apa persiapan kita untuk menyambut bulan suci ramadhan.? Apakah ada amalan-amalan khusus / tertentu?

Nah, pada postingan kali ini kami akan memberikan sedikit informasi dan pemahaman tentang amalan apa saja untuk menyambut bulan suci ramadhan, dan tentunya amalan ini sangat baik untuk kita wujudkan dalam kehidupan kita sebagai bentuk rasa syukur akan nikmat sehat sehingga kita bisa sampai pada bulan ramdhan tahun 2015 M atau 1436 H ini. Untuk lebih jelasnya , silahkan simak penjelasan berikut ini:


3 Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Amalan Menyambut Bulan Ramadhan


Ada 3 amalan khusus  menyambut bulan  ramadhan yang akan kita pelajari di artikel kali ini yang pertama adalah amalan hati , berupa niat yang bagus dan mulia untuk menyambut datangnya bulan ini dengan ikhlas dan gembira,sebab Rosulullah SAW bersabda “ Barangsiapa yang bergembira  dengan masukinya bulan ramadhan , maka Allah SWT akan mengharamkan jasadnya masuk ke neraka “

Kedua:saling memaafkan satu sama lain, sebab mengingat ramadhan adalan bulan yang agung dan suci mulia, alangkah sangat pas jika kita bersuci baik secara  dhohir atau pun secara bathin, bersuci secara dhohir dapat kita artikan sebagai bersih-bersih rumah, halaman dan lain sebagainya. Sedangkan bersuci secara  bathin meliputi saling memaafkan antara satu sama lain, menjaga lisan dan hati serta selalu memohon ampun kepada Allah SWT.

Ketiga: ziaroh ke makam Orang tua dalam artian hendaknya kita mengirimkan doa kepada beliau-beliau serta bertawasshul kepada mereka agar di beri keselamatan  dan keberkahaan oleh Allah SWT dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan satu bulan penuh.

Demikianlah artikel tentang 3 amalan menyambut bulan suci ramadhan yang bisa di tuangkan lewat catatan kecil ini, semoga bermanfaat bagi kita semua amin ya robbal alamin



Tag : Amaliyah
0 Komentar untuk "3 Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadhan"

Back To Top