Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

Tata Cara Sholat Taubat Dan Doa Shalat Taubat

Tata Cara Sholat Taubat Dan Doa Shalat Taubat


Dalam ajaran islam terdapat sebuah ajaran untuk mengerjakan sholat taubat, yaitu sebuah sholat yang di kerjakan ketika kita sudah tidak lagi ta’at kepada perintah Allah SWT alias bermasiat, bertaubat dari dosa hukumnya wajib, taubat dalam artian menyesali segala maksiat yang telah di perbuat dan enggan untuk mengulanginya lagi.
Sholat taubat adalah salah satu bentuk cara bertaubat yang baik yang telahnb di ajarkan oleh Roulullah SAW, konon, ulama ulama kita terdahulu selalu menghitung maksiat yang di lakukan sejak bangun tidur sampai menjelang tidur, lalu ia menebusnya ( bertaubat ) dengan melakukan sholat tubat sebanyak makasiat yang telah ia lakukan.

Niat sholat taubat


Niat sholat taubat sangat lah mudah dan tidk jauh beda dari sholat sunnah linnya. Yaitu :
اصلي سنة التوبة ركعتين لله تعالى                                            
“ usholli sunnatat taubati rak’ataini lillahi taala”
Artinya: saya niat mengerjakan sholat taubat dua rakaat karena Allah SWT

tata cara sholat taubat dan doa shalat taubat mudah

Cara mengerjakan sholat taubat


Pada dasarnya cara mengerjakan sholat taubat sama dengan sholat sunnah lain, jumlah nya pu sama, bisa di lakukan 2 rokaat 4 ,6,8 rakaat dan seterusnya. Tergantung keinginan.tambah banyak tambah baik. Namun aturan yang baik hendaknya pada rokaat pertama membaca surat al-fatihah dan surat al kafirun, sedngkan rakaat ke dua membaca surat al fatihah dan al ikhlas, namun ketentuan ini bukanlah sebuah keharusan yang harus di penuhi, namun boleh boleh saja membaca surat lain. Untuk surat al fatihahnya tetap wajib ,sebab termasuk salah satu rukun sholat. Ketika melakukan sujud yang terakhir hendknya membaca doanya nabi yunus sebnyak 40 kali yaitu:
لا اله الاانت سبحانك اني كنت من الظالمين                                               
Artinya:tidak ada tuhan selain engkau, maha suci engku ya Allah. Seseungguhny aku termasuk orang orng yang dholim.
Selesai salam hendak lah memperbanyak istighfar dan membaca doa berikut ini:

Doa sholat taubat



Demikian artikel tentang tata cara sholat taubat dan doa shalat taubat muda, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.amin! simak juga; cara sholat taubat mudah dan lengkap




Tag : Fikih, Sholat
0 Komentar untuk "Tata Cara Sholat Taubat Dan Doa Shalat Taubat"

Back To Top