Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

Niat Puasa Ramadhan Untuk Satu Bulan Penuh

Niat Puasa Ramadhan Untuk Satu Bulan Penuh


Ramadhan adalah satu satu bulan yang di puasai selama 1 bulan penuh dalam setiap harinya oleh nabi Muhammad SAW. Ini merupakan kelebihan yang di miliki oleh bulan ramdhan yang tidak di miliki oleh bulan bulan hijriyah yang lain, namun bukan berarti bulan bulan yang lain seperti muhrram, dzul hijjah , rajab, sya’ban dan lain lain tidak memiliki keutamaan.

Hukum Berpuasa dalam bulan ramdhan adalah wajib ( fardhu ain ) bagi setiap orang islam yang berakal sehat, baligh dan memiliki kemampuan untuk berpuasa. Pada dasarnya puasa adalah salah satu syariat umat terdahulu namun untuk dengan cara seperti yang kita ketahui saat ini ( mencegah dari Sesutu yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari ) adalah kekhususan yang di berikan oleh ALLAh SWT itu umat nabi Muhammad SAW.

Niat Puasa Ramadhan Untuk Satu Bulan Penuh

Puasa ramadhan mulai di wajibkan sejak tahun ke  8 H pada bulan sya’ban dan Roulullah SAW telah berpuasa sebanyak 9 kali bulan ramdhan, satu kali puasa ramadhan secara penuh sedangkan 8 kalinya tidak sempurna , mungkin hal ini mengandung hikmah untuk menenangkan hati orang orang yang tidak bisa puasa ramdhan secara penuh karena uzhur. Lihat di kitab hasyiah al bajuri karya syekh Ibrahim al bajuri di dalam bab kitabu bayani ahkamis shiyami

Niat puasa bulan ramadhan


Dalam madzhab syafi’I niat dalam puasa wajib seperti ramadhan harus di letakkan di malam hari dan harus berniat dalam setiap harinya. Beda dengan niat puasa sunnah yang boleh di letakkan di siang hari asalkan sebelum tergelincirnya matahari ( dhuhur ) dan tidak melakuka sesuatu yang membatalkan puasa seperti makan ,minum dan lain sebagainya.
Namun terkadang di antara kita mungkin ada sebagian yang teledor dalam hal niat puasa ramadhan sehingga tidak berniat  di malam hari. sebagai antisipasi dari kejadian itu, salam satu ulama dari kalanga madzhab syafi’i memberikan solusi tepat dan cerdas yaitu dengan taklid kepada madzhab maliki yang memperbolehkan niat puasa ramadhan satu bulan penuh dengan satu niat.
Untuk itu , bagi seseorang yang hendak berpuasa ramdhan hendaklah pada malam pertama bulan  bulan ramadhan berniat puasa untuk satu bulan demi menghindari terjadinya sesuatu yang tidak di inginkan di pertengahan bulan ramadhan ( lupa tidak niat di malam hari ) ini merupakan salah satu bentuk kehati hatian, sedia payung sebelum hujan.

Niat puasa ramdhan satu bulan penuh


Adapun niat puasa untu satu bulan langsung adalah sebagai berikut:

نويت صوم شهر رمضان كله فرضا لله تعالى                                        

Nawaitu shauma syahri romadhonika fardhona kullihi lillahi ta’ala


Mungkin itulah sedikit cara niat puasa ramdhan untuk satu bulan penuh yang bisa di tuangkan melalui artikel singkat ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, khususnya penulis sendiri, amin ya robbal alamin.
Baca juga ; keutamaan puasa di bulan sya'ban
Tag : Fikih, Puasa
0 Komentar untuk "Niat Puasa Ramadhan Untuk Satu Bulan Penuh"

Back To Top