Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Macam Macam Puasa Sunnah Dan Wajib

Macam Macam Puasa Sunnah Dan Wajib


Pengertian puasa secara syariat adalah menahan diri dari sesuatu yang dapat membatalkan puasa, mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Pada dasarnya puasa sudah di syariat kan bagi bagi umat terdahulu sebelum nabi Muhammad namun bentuk pelasaan puasa seperti yang kita ketahui itu merupakan sebuah kekhususan bagi umat nabi Muhammad SAW.
Hukum puasa dalam islam sangat beragam ( bermacam macam ) ada yang wajib, sunnah bahkan ada pula yang haram. Sebab ibadah termasuk puasa apabila di kerjakan bukan pada tempatnya maka itu juga tidak baik bahkan islam mengharamkannya seperti puasa di hari raya. Islam melarang ( menghramkan ) puasa di hari raya, sebab hari raya adalah hari makan makan umat islam, tapi kenapa di gunakan untuk berpuasa.??!!!!
Berikut adalah Macam Macam Puasa Sunnah Dan Wajib:

Macam Macam Puasa Sunnah Dan Wajib

Puasa wajib:

Puasa ramadhan

Puasa ramadhan adalah puasa yang di lakukan pada budan ramadhan mulai dari tanggal satu sampai tanggal 29 atau 30 ( tergantung jumlah hari pada bulan ramadhan tersebut ) puasa ini meupakan sebuah kewajiban bagi umat islam yang telah memenuhi syarat syarat wajib dan puasa ini hanya di lakukan satu kali dalam setiap tahun.

Baca juga: pengertian,syarat dan hikmah puasa ( Ramadhan )

Puasa nadzar

Puasa puasa nadzar puasa yang telah di nadzari oleh sesorang, contoh ada seorang pelajar berkata “ apabila saya lulus ujian nasional tahun ini, maka saya akan berpuasa selama 3 hari “  ketika dia benar benar sudah lulus ujian nasional, maka ia wajib berpuasa sesuai nadzar nya.

Puasa kafarat

Puasa kafarat adalah puasa bagi seseorang yang melanggar aturan dalam dalam agama islam ( ada beberapa aturan yang kalau di langgar maka mewajibkan puasa ) , contoh nya : ada seorang pasutri berhubungan suami istri pada siang hari bulan ramadhan . maka salah satu dndanya adalah dengan berpuasa. Ini lah contoh puasa kafarat. Puasa kafarat banyak macamnya ada kafarat yamin dan lain sebagainya . tidak bisa kami sebutkan secara satu persatu.

Puasa sunnah


puasa arafah ( bagi yang tidak melakukan ibadah haji )

puasa arafah adalah puasa yang di lakukan pada hari arafah ( tanggal 9 dzul hijjah ) bagi seseorang yang tidak melaksanakan ibadah haji, puasa arafah memiliki keutamaan yaitu dapat menghapus dosa pada tahun itu dan tahun setelahnya. Namun juga di anjurkan untuk berpuasa pada tanggal 8 dzul hijjah nya.

Puasa asyura’

Puasa asyura adalah puasa yang di lakukan  pada tanggal 10 muharam yang faidahnya ( hikmah nya ) dapat menghapus dosa pada tahun sebelumnya.

Puasa tasu’a

Puasa tasu’a adalah puasa yang di lakukan pada tanggal 9 muharram yang hikmahnya agar tidak sama dengan orang yahudi

Puasa 6 hari di bulan syawal

Puasa syawal ini di lakukan selama 6 hari di bulan syawal ( setelah puasa ramdhan ) yang pahalanya layak berpuasa selama satu tahun

Puasa di hari putih ( baidh )

Puasa ini di lakukan selama 3 hari  pada tanggal 13, 14, dan 15. Pahala puasa ini layanya berpuasa selama satu bulan.

Puasa di hari hitam ( ayyamus Saudi )

Yaitu puasa yang di lakukan selama tiga pari pada tanggal 28, 29 dn 30

Puasa senin kamis

Puasa senin kamis adalah puasa yang di lakukan pada setiap hari senin dan kamis, Roululloh SAW sangat menjaga kedua puasa ini , namun puasa di hari senin lebih utama dari pada puasa d hari kamis

Di samping puasa wajib dan puasa sunnah ada juga puasa yang di haramkan seperti puasa di hari tasyrik, puasa di hari syak , puasa setahun penuh , puasa di hari raya  dan lain sebagainya. Sebenarnya masih ada lagi puasa puasa sunnah dan puasa yang di harapkan yang tidak kami sebutkan di atas sebab kami rasa artikel tentang “Macam Macam Puasa Sunnah Dan Wajib “ ini sudah terlihat panjang. Mohon maaf atas segala keterbatasannya, semoga bermanfaat !!! 
Tag : Fikih, Puasa
0 Komentar untuk "Macam Macam Puasa Sunnah Dan Wajib"

Back To Top